• Novi Amaliyah

5 Superfood Yang Sering Diremehkan



Berbagai penelitian tentang superfood terkadang membuat kita meremehkan sumber bahan pangan lokal yang juga tak kalah kandungan nutrisinya dengan superfood impor dan rela mengeluarkan kocek lebih banyak.Padahal ada banyak ragam bahan pangan superfood yang sering diremehkan. Berikut 5 Superfood yang sering diremehkan khasiatnya, beberapa mungkin selalu ada di dapur atau bahkan di pekarangan rumah.


Selada Air

Daun satu ini ternyata punya segudang nutrisi, selain memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Dalam 100 gr selada air mampu menyediakan 17 kalori energi, 2,2 gram karbohidrat, 3,1 gram protein dan 0,7 gram serat. Selada air juga mengandung kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, seng, vitamin B, C dan K. Daun satu ini bisa diolah sebagai tumisan maupun untuk paduan salad.


Parsley

Sayur yang biasa dijadikan garnish untuk makanan ini ternyata menyimpan segudang vitamin dengan peringkat tertinggi. Daun ini mengandung vitamin A, C, dan K, dan merupakan sumber folat, kalium, zat besi, magnesium, dan kalsium yang baik.



Daun Bit

Daun bit telah diabaikan dalam dunia sayuran berdaun hijau karena hanya bagian umbinya saja yang sering dimanfaatkan. Padahal sama seperti umbinya, daun bit juga punya banyak kandungan yang bermanfaat. Daun bit bisa diolah sebagai salad sayuran. Daun bit dikemas penuh dengan vitamin A, memiliki lebih banyak zat besi daripada bayam, dan sebenarnya lebih bergizi daripada umbi bit itu sendiri.


Rumput Laut

Rumput laut kaya akan mineral, vitamin, dan antioksidan, dan bisa menjadi alternatif vegan yang bagus untuk pengganti kaldu tulang.Rumput laut juga salah satu dari sedikit makanan berkadar yodium tinggi, yang dapat meningkatkan fungsi tiroid. Ada begitu banyak rumput laut yang bisa dipilih dan jika tidak tahu harus mulai dari mana, cobalah wakame, dulse flakes, atau kelp. Perhatikan dari mana asalnya karena rumput laut dapat dengan mudah menyerap bahan kimia dan logam berat di yang terkontaminasi perairan.


Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu bumbu pokok dalam masakan yang sering dipakai untuk berbagai sajian. Tidak hanya memberikan citarasa sedap, bawang putih juga bermanfaat bagi tubuh. Bawang putih luar biasa untuk melawan penyakit dan infeksi karena memiliki kandungan yang bersifat antimikroba, antivirus, dan antijamur. Bawang putih juga merupakan suplemen populer yang digunakan untuk jantung dan kondisi kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. Pastikan untuk menghancurkan bawang putih sebelum dimasak atau dimakan untuk mengaktifkan senyawa allicin dan mendapatkan semua manfaatnya.





© 2019 yukmakan channel