• Novi Amaliyah

6 Langkah Mudah Membuat Soufflé


Membuat sajian manis Perancis satu ini memang membutuhkan cara yang tepat untuk mendapatkan hasil soufflé lembut sempurna. Soufflé merupakan cake bertekstur ringan yang terbuat dari kuning telur dan putih telur yang dikocok secara terpisah. Adonan dasar untuk membuat soufflé terdiri dari dua adonan dasar yaitu adonan French cream patissiere sebagai adonan dasar.


Biasanya adonan cream dasar ini dipadukan dengan puree buah atau bahan lain sesuai dengan rasa soufflé yang diinginkan. Adonan kedua adalah adonan putih telur (meringue) yang dikocok hingga soft peak. Soufflé akan nikmat disantap selagi hangat. Berikut beberapa tips sukses membuat soufflé sendiri di rumah.

  1. Pastikan telur yang akan digunakan adalah telur yang disimpan dalam suhu ruang. Karena telur akan mudah terpisah jika dalam keadaan dingin.

  2. Simpan cetakan soufflé yang sudah dioles dengan butter, tepung dan gula dalam lemari pendingin sementara sambil menyiapkan adonan soufflé.

  3. Pastikan wadah untuk mengocok adonan putih telur bersih dan kering. Karena sedikit saja tercampur dengan lemak atau air akan merusak adonan meringue yang bisa membuat adonan tidak mengembang.

  4. Tambahkan kertas tambahan pada cetakan soufflé akan membuat bentuk soufflé yang mengembang sempurna.

  5. Membuat soufflé berarti harus bekerja dengan cepat karena adonan soufflé tidak bisa menunggu agar hasilnya mengembang sempurna. Pastikan semua adonan siap dan sesuai dengan jumlah timbangan dan komposisi yang tepat.

  6. Jika soufflé yang dibuat tidak mengembang dengan sempurna, kemungkinan suhu oven belum terlalu panas ketika mulai memanggangnya. Jika tekstur soufflé yang buat terlalu berat, kemungkinan suhu oven yang digunakan terlalu panas.

© 2019 yukmakan channel