• Novi Amaliyah

6 Manfaat Kesehatan Ghee


Ghee adalah salah satu bahan makanan yang dianggap sebagai salah satu super food dari produk turunan susu. Ghee secara tradisional telah digunakan dalam olahan masakan Asia yang berasal dari pengobatan Ayurveda. Proses mengubah butter menjadi ghee melibatkan proses pencairan untuk menghilangkan padatan susu yang membuat hasil akhirnya memiliki kandungna gula dan protein susu yang jauh lebih sedikit. Sehingga bahan makanan olahan produks susu ini lebih mudah dicerna bagi mereka yang sensitif terhadap laktosa.


Perubahan sederhana dari produksi ghee ini menjadikannya sebagai alternatif yang baik bagi mereka yang sensitif terhadap produk dairy. Tidak seperti butter, ghee tidak akan menjadi tengik meski disimpan pada suhu kamar dan akan awet hingga setidaknya hingga satu tahun. Sementara lemak dan produk minyak lain dapat memperlambat proses pencernaan tubuh dan memberi perasaan seolah berat di perut kita, ghee dapat merangsang sistem pencernaan dengan mendorong sekresi asam lambung untuk memecah makanan. Kamu bisa menjadikan ghee sebagai pengganti lemak yang lebih sehat. Berikut 6 manfaat kesehatan yang bisa didapat dengan mengonsumsi ghee.


Alternatif Yang Baik Bagi Mereka Yang Sensitif Dengan Laktosa Sensitivitas dan intoleransi laktosa adalah salah satu yang paling umum ditemukan dalam masyarakat modern. Laktosa, adalah gula yang ditemukan dalam produk susu, yang dipecah dalam tubuh oleh enzim laktase. Namun, beberapa orang dilahirkan dengan jumlah laktase yang terbatas dalam tubuh. Intoleransi laktosa juga dapat bekembang seiring bertambahnya usia.


Merangsang Sistem Pencernaan Ayurveda adalah praktik penyembuhan kuno yang sebagian besar berfokus pada peningkatan pencernaan untuk kesehatan yang baik. Ghee dipercaya dapat merangsang pencernaan, serta sekresi dan enzim pencernaan lainnya yang diperlukan untuk membantu memecah bahan makanan dan mendistirbusikan ke seluruh tubuh. Juga mempertahankan lapisan sehatnya di dalam lapisan perut, melindungi perut dari asamnya yang diperlukan untuk memecah beberapa makanan. Rasa Aromatik Untuk Berbagai Masakan Penelitian telah menunjukkan bahwa makan berbagai macam makanan dan masakan adalah salah satu praktik terbaik yang dapat kita terapkan untuk kesehatan kita. Makan berbagai jenis makanan akan meningkatkan asupan nutrisi sepuluh kali lipat. Ghee, meskipun secara tradisional digunakan dalam makanan India ternyata dapat memberikan rasa aromatik di berbagai macam masakan yang berbeda.Ghee juga tahan lama dan memiliki titik asap yang tinggi, menjadikannya sebagai pengganti minyak goreng yang ideal.


Sumber Asam Lemak Omega-3 Tak Jenuh Yang Baik

Selama ini lemak dianggap menjadi momok yang buruk bagi kesehatan, faktanya tidak semua lemak buruk. Tinggal bagaimana kita memilah dan memilih sumber lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu lemak yang harus kita konsumsi sehari-hari adalah asam lemak omega-3 tak jenuh tunggal. Biasanya lemak sehat ini terdapat dari produk-produk ikan kaya lemak omega3 seperti salmon. Penelitian lebih lanjut menyebutkan bahwa butter yang diklarifikasi atau ghee ternyata menawarkan banyak nutrisi makro penting ini Kaya Vitamin Larut Lemak; D, E, K, A Karena ghee adalah sumber lemak sehat yang luar biasa, sangat tepat jika ghee merupakan sumber kuat dari keempat vitamin yang larut dalam lemak (D, E, K, dan A). Ini adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi dengan baik, dimana memainkan peran penting dalam fungsi tulang, otak, jantung, kekebalan, dan sistem endokrin yang sehat. Mengurangi Peradangan Dalam Tubuh Hampir semua penyakit kronis berasal dari peradangan kronis di dalam tubuh. Peradangan akut adalah respons yang sehat terhadap trauma atau cedera langsung, tempat peradangan kronis cenderung menjadi jalur menuju penyakit serius. Ghee adalah makanan anti-inflamasi yang luar biasa. Hal ini diduga karena asam lemak rantai pendek, asam butirat. Ini memiliki sifat anti-inflamasi dan detoksifikasi, juga membantu kadar insulin yang sehat dan fungsi kandung empedu, dan dapat membantu untuk gangguan usus seperti IBS dan kolitis ulserativa.


Foto: Dok.Getty Images