• Novi Amaliyah

6 Manfaat Kesehatan Raw Cacao


Cacao atau kakao berasal dari biji kakao yang dikeringkan kemudian difermentasi, selanjutnya biji ini diproses dengan suhu rendah hingga lemaknya terpisah menjadi cacao butter. Kakao memiliki kandungan antioksidan tinggi dan rasanya agak pahit. Kakao juga sering diberi label raw bean atau biji mentah dan dikemas sebagai coklat vegan karena tidak melalui banyak proses pengolahan serta tanpa bahan tambahan lainnya. Seperti kita ketahui cacao sebagai bahan baku coklat yang memiliki banyak kandungan bermanfaat. Berikut 7 manfaat kesehatan raw cacao seperti dilansir dari Healthline.


Memiliki Kandungan Anti Peradangan

Peradangan kronis yang terjadi di dalam tubuh memiliki banyak implikasi bagi kesehatan. Salah satu cara paling ampuh untuk mengurangi peradangan kronis adalah melalui makanan yang kita konsumsi. Beberapa makanan tertentu kaya antioksidan atau senyawa penting lainnya yang dapat membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Dan salah satu makanan paling memiliki kandungan ini adalah raw cacao. Ini karena flavonoid yang ditemukan dalam kakao, yang dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, diabetes, artritis, depresi, dan penyakit Alzheimer.


Kaya Kandungan Zat Besi Esensial

Raw cacao diyakini sebagai sumber zat besi nabati terbaik, mineral penting yang terlibat dalam produksi darah dalam tubuh, dan juga penyerapan nutrisi. Kakao mentah mengandung 7,3mg zat besi yang luar biasa per 100g, sedangkan daging sapi dan domba sekitar 2,5mg, dan bayam 3,6mg. Perlu juga dicatat seperti pada semua sumber bahan pangan nabati, yang berarti perlu dikonsumsi dengan Vitamin C agar mudah diserap.


Mengandung Lebih Banyak Kalsium

Susu adalah sumber kalsium terpenting. Mungkin ada benarnya, tetapi kita juga tahu bahwa kalsium yang berasal dari susu seringkali lebih sulit diserap tubuh. Kamu bisa menambahkan kakao mentah ke dalam smoothie karena bahan ini lebih banyak mengandung kalsium jika dibandingkan dengan susu. Seperti zat besi, kalsium membutuhkan komponen vitamin untuk memudahkan penyerapan. Vitamin D sangat penting untuk membantu penyerapan kalsium.


Membantu Mengurangi Risiko Diabtes

Faktor gaya hidup dan makanan memiliki dampak yang signifikan terhadap risiko terkena penyakit diabetes. Kakao mentah adalah salah satu makanan yang mengandung antioksidan tinggi seperti flavanoid yang berpotensi meningkatkan sensitivitas insulin.


Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Selain kaya nutrisi, kakao mentah juga memiliki kandungan serat makanan yang mengesankan. Serat berfungsi untuk membantu membuang kotoran yang ada di tubuh kita. Dengan konsumsi asupan serat yang sehat dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, sebagai salah satu langkah penting untuk mengurangi risiko dan gejala iritasi usus.


Meningkatkan Mood dan Anti Depresan Alami

Coklat mengandung alkaloid seperti theobromin, kafein, dan fenitelamin yang diyakini dapat memberikan efek yang berkaitan dengan serotonin pada otak, sehingga dapat meningkatkan daya sensitif insulin, menurunkan tekanan darah, dan memperbaiki suasana hati. Theobromin dan kafein dapat memberikan efek penyegar atau stimulan sehingga berpengaruh pada suasana hati yang lebih baik. Sedangkan senyawa fenitelamin dapat merangsang otak untuk memproduksi senyawa dopamin dan endorfin yang berhubungan dengan perasaan nyaman, bahagia.