• Novi Amaliyah

7 Makanan Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh



Menghadapi musim pancaroba seperti sekarang ini tubuh rentan dengan berbagai penyakit. Mulai dari batuk, pilek hingga flu yang mudah menular. Rasanya mencegah juga lebih baik daripada mengobati. Selain bisa mengonsumsi vitamin untuk membantu kondisi tubuh agar tidak mudah terserang penyakit, ternyata ada beberapa makanan yang secara alami memiliki kandungan berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Yuk, simak 7 makanan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh di bawah ini. Selamat mencoba.


Jahe

Jahe mempunyai khasiat sebagai anti inflamasi dan antioksidan. Jahe telah digunakan selama ribuan tahun untuk tujuan pengobatan. Jahe dapat dikonsumsi dalam bentuk segar, bubuk, atau yang dikeringkan sebagai bumbu, dalam bentuk minyak, atau sebagai jus.


Bawang Putih

Bawang putih adalah obat rumahan umum yang digunakanuntuk mencegah masuk angin. Bawang putih disinyalir dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kemampuan bawah putih untuk meningkatkan kekebalan tampaknya berasal dari konsentrasi tinggi senyawa yang mengandung belerang, seperti allicillin. Penelitian telah menemukan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen bawang putih lebih mungkin untuk melawan pilek daripada orang yang menggunakan placebo.


Teh hijau

Selain memiliki kandungan antioksidan yang tinggi teh hijau juga memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Teh hijau juga merupakan alternatif yang lebih sehat untuk kopi dan teh hitam, karena mengandung sedikit kafein.


Blueberry

Blueberry memiliki sifat antioksidan. Sebuah studi di tahun 2016 mencatat bahwa flavonoid dalam blueberry memainkan peran penting dalam sistem pertahanan kekebalan saluran pernapasan. Para peneliti menemukan bahwa orang yang makan makanan yang kaya flavonoid lebih kecil kemungkinannya mendapatkan infeksi saluran pernapasan bagian atas atau selesma dibandingkan mereka yang tidak. Sistem kekebalan tubuh kita dapat didukung oleh vitamin C dan anthocyanin yang ditemukan dalam teh blueberry.


Buah jeruk

Semua orang tahu bahwa vitamin C mampu melawan flu. Karen vitamin Cmembantu membangun sistem kekebalan tubuh, dengan meningkatkan produksi sel darah putih, yang melawan infeksi. Tetapi tubuh kita tidak memproduksi atau menyimpan vitamin C, jadi kita membutuhkan vitamin C setiap hari agar tetap sehat. Hampir semua buah jeruk kaya akan vitamin C. Ada baiknyauntuk mengonsumsi berbagai macam jeruk seperti jeruk bali, jeruk, jeruk keprok, lemon, limau, atau clementine setiap hari untuk memenuhi kebutuhan asupan vitamin C.


Brokoli

Selain jeruk, brokoli juga menjadi sumber vitamin C yang bagus, brokoli juga mengandung antioksidan kuat, seperti sulforaphane. Selain itu broccoli juga mengandung dengan vitamin seperti A, C, dan E, mineral, dan serat. Brokoli adalah salah satu sayuran tersehat yang bisa jadi pilihan terbaik untuk dikonsumsi setiap hari.


Bayam

Bayam ternayata juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena mengandung banyak nutrisi dan antioksidan penting. Bayam mengandung flavonoid, karotenoid, dan vitamin C dan E. Flavonoid dapat membantu mencegah flu ringan. Bayam juga dapat membantu sistem kekebalan tubuh melawan infeksi. Berbicara tentang manfaat kesehatan, seperti dalam kasus brokoli, bayam lebih baik dinikmati selagi mentah daripada dimasak. Namun, memasak ringan seperti ditumis dapatmeningkatkan asupan vitamin A dan memungkinkan nutrisi lain dilepaskan dari asam oksalat yang terkandung di dalam bayam.

© 2019 yukmakan channel