• Novi Amaliyah

6 Manfaat Mengonsumsi Yogurt


Yogurt atau yoghurt berasal dari bahasa Turki, Yogurmark yang berarti susu yang kental. Yogurt adalah salah satu susu populer yang dibuat dari fermentasi bakteri susu. Bakteri yang digunakan untuk membuat yogurt disebut yogurt culture yang memfermentasi laktosa, gula alami yang ditemukan dalam susu. Proses ini menghasilkan asam laktat, zat yang menyebabkan protein susu mengental, memberi yogurt rasa dan tekstur yang unik.


Yoghurt dapat dibuat dari semua jenis susu. Bisa dibuat dari susu skim yang dianggap sebagai susu bebas lemak, sedangkan yang terbuat dari susu murni dianggap penuh lemak. Yogurt plain memiliki citarasa susu yang tajam, asam dan creamy. Sayangnya, sebagian besar merek yogurt komersial mengandung bahan-bahan tambahan, seperti gula dan perisa buatan. Di sisi lain, yogurt plain tanpa pemanis menawarkan banyak manfaat kesehatan. Pastikan saat membeli yogurt untuk membaca kemasan dan memastikan yogurt yang kamu beli mengandung live culture. Yang berarti yogurt mengandung bakteri hidup yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Berikut 7 manfaat kesehatan alami dari yogurt natural.

Kaya Nutrisi

Yogurt menyediakan hampir setiap nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Susu fermentasi Ini sangat tinggi kalsium, vitamin B dan mineral. Dalam 240 gr yogurt mengandung 49% kalsium harian yang dibutuhkan oleh tubuh.


Tinggi Protein

Yogurt, terutama jenis Greek yogurt mengandung protein yang tinggi. Protein bermanfaat untuk mengatur nafsu makan dan berat badan. Protein telah terbukti mendukung metabolism dengan meningkatkan pengeluaran energi atau jumlah kalori yang dibakar tubuh sepanjang hari. Mendapatkan cukup protein juga penting dalam pengaturan nafsu makan dimana meningkatkan produksi hormon yang mengirimkan sinyal kenyang.


Menyehatkan Pencernaan

Beberapa jenis yogurt mengandung probiotik. Probiotik adalah mikroorganisme hidup atau bakteri baik yang secara alami ada di dalam usus. Kultur ini membantu menyeimbangkan flora di usus. Fungsi utama probiotik adalah untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dengan mengurangi gejala-gejala gangguan pencernaan umum, seperti kembung, diare, dan sembelit. Tak hanya itu probiotik juga meningkatkan sistem imun tubuh karena 80% dari seluruh imun tubuh ada pada saluran pencernaan.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Yogurt menyediakan probiotik, vitamin dan mineral, yang semuanya dapat meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit tertentu.


Melindungi Dari Osteoporosis

Yoghurt kaya akan vitamin dan mineral yang memainkan peran penting dalam kesehatan tulang. Mengkonsumsinya secara teratur dapat mengurangi risiko osteoporosis.

Menjaga Kesehatan Jantung

Terlepas dari kandungan lemaknya, yogurt bermanfaat bagi kesehatan jantung dengan meningkatkan kolesterol HDL "baik" dan mengurangi tekanan darah.

© 2019 yukmakan channel