• Novi Amaliyah

7 Manfaat Semangka Untuk Kesehatan Kulit


Semangka, buah yang identik dinikmati saat musim panas ini tak hanya menyegarkan tetapi juga menyimpan berbagai manfaat bagi kesehatan. Buah satu ini kaya akan antioksidan yang dapat melawan masalah penuaan kulit seperti, kerutan , kulit kering serta dapat mencerahkan kulit. Selain itu juga melindungi kulit dari terbakar sinar matahari dan kering dari ruangan berpendingin serta melindungi kulit dari polusi dan radikal bebas. Kandungan zat dalam semangka mampu memberikan efek menenangkan ruam pada kulit serta berfungsi sebagai bahan untuk membantu pengelupasan kulit yang lembut seperti dikutip dari Curejoy. Berikut 7 manfaat kesehatan semangka untuk kulit.


Mengandung Antikosidan Yang Melawan Masalah Kulit

Stres oksidatif memiliki peran dalam membuat kulit terlihat tua dan lelah. Tetapi antioksidan dari makanan dapat melawan efek radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif dan membantu mengurangi kulit dari penuaan dini. Semangka adalah salah satu buah yang berkadar air tinggi sekaligus mengandung antioksidan pelindung seperti vitamin C, glutathione, dan lycopene.


Melindungi Kulit Dari Terbakar Karena Efek Buruk Sinar Matahari

Paparan sinar matahari bisa merusak kulit apalagi jika melakukan aktivitas di luar ruangan dalam waktu yang lama, kulit bisa terbakar karena sengatan matahari. Menggosokkan semangka dapat memberikan efek perlindungan untuk kulit. Buah segar ini kaya akan karotenoid yang dikenal sebagai likopen sebanyak 4868 mcg per 100 gram. Faktanya, kandungan likopen pada semangka 40% lebih tinggi dari tomat. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan yang kaya akan senyawa ini secara signifikan dapat mengurangi kemerahan pada kulit dan eritema yang disebabkan oleh paparan sinar UV. Tetapi kamu masih tetap harus menggunakan tabir surya jika akan beraktivitas di luar ruangan.


Mencerahkan Kulit dan Melawan Pigmentasi

Semangka mengandung senyawa antioksidan glutathione yang memiliki sifat mencerahkan kulit. Glutathione bekerja dengan secara tidak langsung menghambat tirosinase, yang merupakan enzim yang memiliki peran penting dalam produksi melanin. Penelitian telah menemukan bahwa penggunaan oral maupun topikal dari senyawa ini dapat mencerahkan kulit.

Menangkis Polusi yang Merusak Kulit

Semangka juga dapat melindungi kulit dari efek yang merusak dari kondisi lingkungan yang ekstrem dan radikal bebas. Semangka mengandung asam amino yang dikenal sebagai L-citrulline yang diubah di dalam tubuh menjadi asam amino lain yang disebut L-arginine. Kombinasi citrulline-arginine melindungi kulit dari kondisi seperti iklim kering, dingin, dan pendingin udara, juga polusi.

Melawan Keriput dan Kulit Kering

Semangka memberi 23,2 mg vitamin C, yang memenuhi 25% dari kebutuhan harian untuk nutrisi penting bagi tubuh ini. Tidak hanya merupakan sumber antioksidan kuat, vitamin C juga memainkan peran penting dalam sintesis kolagen, protein yang memberi kekuatan dan struktur pada kulit. Sebuah penelitian yang meneliti kulit wanita Amerika usia setengah baya ditemukan bahwa asupan vitamin C yang lebih tinggi dikaitkan dengan kemungkinan kecil memiliki kulit kering dan keriput.


Mengatasi Ruam Kulit

Pada pengobatan kuno ayurveda menganggap semangka sebagai obat yang efektif untuk mengobati ruam pada kulit. Mengonsumsi daging buah semangka serta menggosok kulit pada daerah yang terkena ruam untuk mengurangi rasa terbakar dan gatal-gatal. Biarkan kulit semangka untuk dingin di lemari es selama beberapa jam dan kemudian oleskan ke daerah yang terkena untuk meredakan ruam panas.

Bekerja Sebagai Exfoliant Yang Lembut

Eksfoliasi rutin menghilangkan sel-sel kulit mati yang membuat kulit kusam. Dalam jangka panjang, bahkan dapat meningkatkan produksi kolagen. Semangka mengandung asam sitrat dan asam malat, yang merupakan asam alfa hidroksi yang dapat membantu proses pengelupasan kulit dengan lembut. Jika kulit kamu termasuk jenis kulit yang berminyak, coba h 3 atau 4 kali seminggu, mereka yang memiliki kulit kering dan sensitif cukup satu atau dua kali seminggu. Oleskan sedikit jus semangka di wajah untuk perawatan pengelupasan kulit alami. Gunakkan semangka dan garam untuk membuat scrub tubuh yang menyegarkan. Untuk membuat lulur, campurkan garam laut organik dan semangka segar dengan jumlah yang sama.

© 2019 yukmakan channel