• Novi Amaliyah

8 Manfaat Kesehatan Bok Choy Yang Tidak Terduga


Bok choy
Bok Choy, selain kaya serat sayur ini ternyata menyimpan banyak manfaat kesehatan

Mengkonsumsi sayuran dan buah adalah cara terbaik untuk memenuhi berbagai kebutuhan vitamin dan nutrisi secara alami. Secara umum sayuran merupakan sumber vitamin, mineral, dan serat makanan yang baik, salah satunya sayur berwarna hijau seperti bok choy. Sayur yang termasuk dalam keluarga sayuran Cruciferous seperti termasuk brokoli, kembang kol, kubis, lobak, kale dan lainnya.

Di China, bok choy merupakan salah satu makanan populer yang sudah dikonsumsi sejak lama. Selain diolah sebagai tumisan maupun sup, bok choy juga baik dinikmati mentah sebagai bahan smoothie sayur hijau yang kaya nutrisi. Tak banyak yang tahu jika bok coy memiliki nilai gizi yang besar termasuk protein, karbohidrat, serat makanan dan memiliki nilai kalori yang rendah. Berikut 8 manfaat kesehatan bok choy yang tidak terduga seperti dilansir Healthline.


1. Sumber Antioksidan

Bok choy memiliki sumber antioksidan dan juga vitamin C dimana memiliki 34 persen dari nilai vitamin C harian yang direkomendasikan sekaligus bekerja dengan baik sebagai antioksidan dalam tubuh. Antioksidan berfungsi melindungi sel-sel tubuh terhadap kerusakan dan menetralisir efek radikal bebas yang menciptakan perlindungan yang kuat bagi tubuh dan mencegah infeksi juga.


2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bok choy memiliki kadar kalori yang rendah. Dengan cara ini, bok choy baik untuk membantu menurunkan berat badan. Bok choy juga memiliki sumber serat makanan yang bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama.


3. Kaya Serat

Bok choy merupakan sumber serat makanan yang baik. Dalam hal ini, serat dalam bok choy dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, mencegah sembelit dan perut kembung. Serat dapat membantu mereka yang melakukan diet dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular juga.


4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Salah satu manfaat bok choy bagi kesehatan lainnya adalah untuk meningkatkan kesehatan tulang. Ini karena kandungan zat besi, kalsium, magnesium, seng, fosfor, dan vitamin K yang terkandung di dalam bok choy bekerja dengan baik untuk meningkatkan kepadatan tulang dan struktur tulang yang kuat. Tak hanya itu, kandungan zat besi dan seng pada bok choy dapat membantu meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, fosfor dan kalsium untuk meningkatkan struktur tulang.


5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Bok choy dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan kandungan folat, potasium, dan vitamin C di dalamnya. Berdasarkan penelitian menunjukkan mengkonsumsi 4.069 miligram potasium per hari dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung iskemik 49 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi sekitar 1.000 miligram per hari. Di sisi lain, vitamin B-6 dan folat dalam bok choy yang berperan dalam mencegah penumpukan senyawa yang dikenal sebagai homosistein yang dapat menyebabkan masalah jantung.


6. Mencegah Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang paling kronis. Untuk mencegah hal yang satu ini, perlu mengonsumsi makanan sehat sekaligus menerapkan pola hidup sehat salah satunya mengonsumsi sayuran lebih banyak. Bok choy memiliki sifat anti kanker untuk mencegah kanker paru-paru, prostat, usus besar, dan payudara. Ini karena kandungan sifat antioksidan dalam bok choy seperti brassinin yang bertindak sebagai antimikroba dan membantu mencegah kanker. Selain itu juga mencegah kerusakan radikal bebas dan melindungi tubuh dari peradangan. Kemudian elenium dalam bok choy yang berperan dalam membantu menghilangkan senyawa penyebab kanker dalam tubuh.


7. Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Bok choy dapat membantu untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Sayuran berdaun hijau ini juga dapat membantu melindungi dari bakteri dan infeksi. Hal ini karena nilai gizi yang terkandung di dalamnya bahkan dapat mencegah kanker.


8. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Bok choy juga terbukti bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit. Hal ini terkait dengan adanya vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan akibat sinar matahari. Selain itu, vitamin C membantu meningkat produksi kolagen dalam tubuh untuk mengurangi munculnya keriput dan garis-garis halus sebagai tanda penuaan.