• Novi Amaliyah

8 Manfaat Kesehatan Keju Biru


Jika kamu termasuk salah satu penggemar blue cheese atau keju biru, kamu cukup beruntung karena tidak perlu merasa bersalah dengan lemak dan kalorinya karena keju biru juga memiliki manfaat probiotik yang baik untuk usus dan kesehatan serta kekebalan tubuh. Keju ini juga memiliki kalsium untuk kesehatan tulang, gigi dan B12 untuk meningkatkan fungsi neurologis.


Keju biru dengan rasa yang khas dan aromanya yang menyengat memang bukan untuk semua, beberapa orang menyukainya, beberapa juga tidak menyukai karena aromanya yang cukup kuat dan tajam. Tetapi untuk saat sudah mulai menikmati rasanya, kemungkinan akan sulit untuk menolaknya. Keju biru memiliki beberapa manfaat kesehatan yang membuatnya layak untuk dikonsumsi. Jadi untuk kamu pecinta keju biru nikmati keju kaya nutrisi yang khas ini dalam jumlah sedang. Dan berikut 8 manfaat keju biru yang bisa didapat seperti dilansir Curejoy.

Kaya Nutrisi dan Rasa Yang Khas

Keju biru menjadi salah satu keju yang cukup banyak jenisnya, di Inggris ada Stilton biru, Roquefort Prancis, Gorgonzola Italia, dan keju biru Denmark. Keju ini bisa dibuat dari itu dari susu sapi atau susu kambing, keju biru memiliki rasa yang sedikit berbeda. Keju ini memiliki tampilan berbintik-bintik biru yang khas tercipta dari kultur Penicillium yang dimasukkan ke dalam keju. Keju dibuat dengan Penicillium glaucum atau Penicillium roqueforti serta bakteri asam laktat. Untuk kamu yang baru mencoba menikmati keju biru bisa mencoba keju biru dari Denmark dan Gorgonzola yang bercitarasa lebih lembut. Terlepas dari jenis keju biru yang kamu pilih, keju biru kaya akan protein, lemak, vitamin, dan mineral. Satu ons keju biru dapet memberi 6,07 gram protein, 8,15 gram lemak, tetapi hanya 0,66 gram karbohidrat, menjadikannya baik untuk siapa saja yang tengah menjalani diet dan mengurangi asupan karbohidrat. Selain itu, keju ini juga mengandung vitamin K dan vitamin B lainnya. Nutrisi ini menambah sejumlah manfaat kesehatan potensial dengan mengonsumsi keju ini dalam jumlah sedang, sebagai bagian dari diet seimbang.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kalsium adalah nutrisi penting untuk tulang sebagai bahan penyusun jaringan di tulang. Tubuh membutuhkan kalsium untuk membangun tulang yang kuat. Seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk memanfaatkan kalsium dari makanan berkurang dan mengharuskan tubuh memiliki lebih banyak kalsium untuk menjaga kesehatan tulang. Asupan kalsium yang tidak memadai menyebabkan tubuh memecah simpanan kalsium dari tulang untuk kegunaan lain dalam tubuh seperti pemeliharaan fungsi saraf dan otot. Mengkonsumsi kalsium dalam jumlah yang cukup bersama dengan vitamin D, nutrisi lain yang terdapat dalam keju, dapat mencegah atau menurunkan risiko osteoporosis.

Baik Untuk Kesehatan Gigi

Berkat kandungan kalsiumnya, blue cheese juga dapat membantu kesehatan gigi. The American Dental Association merekomendasikan konsumsi produk susu seperti keju untuk mendapatkan protein dan kalsium karena rendah gula. Keju biru, sama seperti semua keju, membantu menghasilkan air liur yang melawan efek enzim dan asam yang dapat menyebabkan kerusakan gigi, penyakit gusi, dan gigi berlubang. Kalsium dan fosfat juga membantu mengembalikan kandungan mineral pada gigi dimana mineral tersebut tergerus oleh asam bakterial.


Membantu Membangun Otot

Membutuhkan protein untuk membangun dan memelihara otot serta jaringan tubuh. Keju biru bisa jadi salah satu cara yang enak untuk mendapatkan asupan protein untuk membangun dan memelihara otot. Ini terutama untuk menambah asupan jika kamu tengah mencoba membangun otot. Keju ini bisa jadi camilan bergizi cepat terutama jika memadukannya dengan kacang-kacangan yang menyehatkan jantung dan buah segar.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Keju biru mengandung bakteri lactobacillus yang merupakan probiotik dan dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Probiotik meningkatkan bakteri baik di usus, yang membantu bertindak sebagai perlindungan efektif terhadap mikroba penyebab infeksi.

Meningkatkan Kesehatan Usus Dan Meringkan IBS

Bakteri Lactobacillus dalam keju biru juga memiliki manfaat bagi mereka yang mengalami sindrom iritasi usus besar (IBS). Efek probiotik lactobacillus dapat membantu tidak hanya mengurangi tetapi juga meringankan gejala yang terkait dengan IBS seperti bergas, sakit perut, kembung, dan kesulitan buang air besar.

Meningkatkan Fungsi Neurologis

Vitamin B12 dalam keju biru membantu pembentukan sel darah merah normal, sintesis DNA, dan fungsi neurologis. Tidak mendapatkan cukup vitamin B12 juga dapat menyebabkan masalah neurologis seperti mati rasa atau kesemutan di tangan dan kaki, selain mungkin mengakibatkan anemia, lemah,letih , penurunan nafsu makan, penurunan berat badan, dan sembelit. Hanya satu ons keju biru sudah cukup untuk memenuhi 14,6% dari kebutuhan vitamin harian.

Memiliki Potensi Antioksidan

Potensi antioksidan keju biru seperti Roquefort telah dieksplorasi dalam penelitian yang mengevaluasi kandungan fenolik dan potensi untuk menghambat enzim yang terkait dengan hipertensi dan diabetes tipe 2. Para peneliti menyimpulkan bahwa sampel keju Roquefort dikaitkan dengan aktivitas pembersihan radikal bebas terkait antioksidan terbesar, menjadikannya menjanjikan sebagai makanan fungsional yang mungkin, yaitu makanan yang dikonsumsi untuk manfaat kesehatannya.

© 2019 yukmakan channel