• Novi Amaliyah

9 Jenis Roti Pipih Dari Seluruh Dunia


Roti pipih adalah salah satu jenis roti yang paling sederhana dan hampir ditemukan dalam setiap budaya di seluruh dunia dan masing-masing memiliki roti pipih versinya sendiri. Dari wraps tortilla, roti pipih ini biasanya dinikmati dengan celupan maupun saus. Roti pipih dapat menjadi salah satu sajian pelengkap serbaguna untuk makanan apa pun. Berikut jenis-jenis roti pipih yang cukup popluer dari seluruh dunia.

Chepati

Chepati adalah roti pipih gandum utuh asli Asia Selatan dan sebagian Afrika. Istilah chapati juga sering digunakan secara bergantian dengan roti, roti pipih lain dari daerah itu, meskipun beberapa menganggap chapati sedikit lebih tipis. Chepati dapat digunakan untuk membungkus daging dan sayuran, atau digunakan untuk menikmati sup, semur, dan kari. Chepati sering diolesi dengan ghee setelah dimasak.

Focaccia

Focaccia merupakan roti beragi dari Italia yang bisa dibumbui dengan berbagai topping, seperti minyak zaitun, bumbu dapur dan rempah seperti rosemary, oregano maupun thyme, keju, daging, atau bahkan buah. Focaccia sering dipanggang di atas perapian batu dan memiliki lesung pipit khas yang dibuat dengan menekan jari ke dalam adonan sebelum dipanggang. Focaccia dapat digunakan untuk membuat sandwich, dinikmati untuk bersama sup dan semur, atau dibuat menjadi hidangan seperti pizza dengan tambahan topping.

Frybread

Frybread adalah roti pipih asli Amerika yang digoreng dengan minyak atau lemak babi. Roti ini menjadi salah satu tradisi yang relatif baru, dimulai pada tahun 1864 dengan ketentuan yang diberikan kepada orang Navajo oleh Pemerintah Amerika Serikat. Roti goreng dimakan sebagai lauk, bungkus untuk taco, disiram dengan madu atau selai, atau topping daging sapi.

Lavash

Lavash adalah roti pipih berukuran besar dari Armenia, roti ini tidak beragi dan dipanggang di atas dinding panas oven tanah liat. Roti ini lembut dan lentur saat masih segar tetapi kering dan rapuh. Roti ini dapat dapat disimpan selama berbulan-bulan. Lavash kering bisa dilunakkan dengan ditaburi air. Seperti roti pipih lainnya, roti ini dapat dijadikan sebagai wraps untuk membungkus daging atau isian lainnya, atau dinikmati bersama sup dan semur. Di Amerika Serikat, lavash sering digunakan untuk membuat sandwich bungkus.

Matzah

Matzah adalah roti pipih tidak beragi yang dimakan oleh orang-orang Yahudi selama liburan Paskah ketika roti beragi tradisional tidak diizinkan oleh hukum Yahudi. Matzah hanya terbuat dari adonan tepung dan air, digulung hingga encer, lalu dimasak dengan suhu tinggi hingga menghasilkan tekstur yang renyah. Matzah bisa dimakan begitu saja atau dihancurkan menjadi makanan Matzah, yang kemudian bisa ditambahkan ke berbagai resep dan sajian lainnya.


Naan

Naan adalah roti pipih lembut dan empuk yang berasal dari India dan daerah lain di Asia Barat dan Selatan. Naan adalah roti beragi yang dimasak dalam oven khusus yang disebut tandoor. Naan sering kali mengandung susu atau yogurt yang memberikan rasa unik dan tekstur yang lembut dan empuk. Naan mudah dikenali dari gelembung empuknya yang terbentuk dari kontak dengan oven panas. Roti ini sering dinikmati bersama kuah kari dan semur atau untuk membungkus daging dan isian lainnya.

Pita

Pita adalah sejenis roti pipih beragi yang berasal dari wilayah Mediterania. Roti bundar yang lembut ini sering kali membentuk kantung udara panas di bagian dalam saat terkena suhu tinggi selama dipanggang. Kantong unik ini berguna untuk mengisi roti dengan isian seperti daging, falafel, atau sayuran. Pita juga bisa digunakan untuk wraps seperti kebab atau salad gyros, atau dicelupkan ke dalam saus, seperti hummus atau baba ghanoush.

Roti

Roti adalah roti pipih asli Asia Selatan lainnya. Tidak seperti naan, roti tidak beragi, dibuat dari tepung gandum utuh, dan secara tradisional dimasak di atas wajan datar atau cekung yang disebut tawa. Beberapa bahan lain seperti kelapa atau cabai hijau dapat ditambahkan ke adonan roti sebelum dimasak untuk menambah rasa.

Tortilla

Tortilla adalah istilah umum yang digunakan untuk mewakili berbagai roti pipih yang berasal dari Amerika Tengah dan Spanyol. Tortilla yang dibuat di Amerika Tengah umumnya dibuat dengan jenis tepung jagung khusus yang telah dikupas dan diolah dengan larutan alkali. Roti jenis ini sering disebut sebagai tortilla jagung di Amerika Serikat dan dapat dimasak di atas wajan atau digoreng. Tortilla tepung muncul di Amerika Tengah dengan kedatangan penjelajah Spanyol dan biji gandum diperkenalkan oleh mereka. Gandum atau tortilla tepung lebih fleksibel karena adanya gluten gandum dan bisa dibuat menjadi ukuran yang lebih besar.


© 2019 yukmakan channel