• Novi Amaliyah

9 Makanan Ini Dapat Membantu Meredakan Stress



Di masa yang serba tak menentu seperti sekarang ini ada banyak kekhawatiran dan kecemasan untuk menghadapi hari esok yang berujung pada stress. Stress mungkin sudah jadi bagian masyarakat modern. Ditambah lagi dengan kondisi dimana Indonesia juga masuk dalam negara yang mengalami resesi sebagai dampak dari pandemi COVID-19, setelah Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) yang mengalami minus 3,49% secara tahunan. Kondisi ini terjadi setelah resesi yang pernah dialami Indonesia di tahun 1999 atau 21 tahun silam saat Indonesia mengalami krisis moneter.


Di saat-saat seperti ini sangatlah penting untuk menjaga pikiran, tubuh dan jiwa agar tetap tenang. Karena kamu tidak sendirian, kondisi ini hampir dialami semua orang. Saat stress melanda sebenarnya tubuh cenderung membutuhkan nutrisi-nutrisi tertentu seperti vitamin B dan C, Magnesium, Selenium dan sejumlah nutrisi lain yang dapat berdampak besar pada sirkuit syaraf tubuh yang mengelola motivasi, emosi dan suasana hati. Ternyata tak hanya dapat mengenyangkan beberapa makanan dapat membantu meredakan stress dan memberikan efek menenangkan suasana hati jadi lebih tenang. Berikut 9 makanan yang terbukti membantu meningkatkan hormon perasaan senang dan menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kortisol, menyeimbangkan suasana hati dan membuat kamu merasa lebih tenang.


Capsicum

Saat kita stres, tubuh melepaskan zat kimia yang disebut kortisol. Capsicum dapat mengurangi jumlah kortisol dalam aliran darah yang membantu mengelola stres, ditambah lagi mengandung vitamin C yang meningkatkan kekebalan. Potong beberapa batang paprika mentah yang bisa dipadukan dengan mesclun salad. Kerenyahan paprika segar ini juga dapat membantu meredakan ketegangan pada rahang.


Tomat Yang Dimasak

Sama seperti capsicum, tomat yang dimasak juga dapat membantu mengurangi kadar kortisol, juga sebagai sumber utama likopen yang dapat membantu mengurangi gejala depresi, dan membantu mencegah peradangan dan pembekuan darah. Penelitian menunjukkan bahwa memasak tomat dapat meningkatkan potensi likopen, jauh lebih hebat daripada buah atau sayuran lainnya. Coba tambahkan tomat matang ke dalam rutinitas sarapan atau bisa juga sup tomat yang lezat untuk makan siang atau makan malam.


Bayam

Bayam, dan sayuran berdaun gelap lainnya kaya akan folat yang membantu tubuh memproduksi serotonin dan dopamin, hormon yang mengatur suasana hati. Bayam juga tinggi magnesium yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Tubuh akan kehabisan magnesium saat sedang stres, jadi asupan makanan yang kaya magnesium melalui bayam adalah cara yang bagus untuk mengembalikan keseimbangan tubuh. Tambahkan secangkir daun bayam ke dalam smoothie pagi untuk sarapan atau tumis bayam dengan minyak zaitun untuk makan siang.

Alpukat

Alpukat mengandung 20 nutrisi penting yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan, termasuk kalium, vitamin E, vitamin B, dan folat. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Journal, alpukat membuat kenyang sepanjang hari dan membantu mengatur kadar gula darah, yang membantu menjaga suasana hati tetap stabil bahkan di saat stres.

Buah serbaguna sati ini bisa dinikmati dengan berbagai macam cara, bisa ditambahkan pada salad, dimakan langsung dibuat smoothie, dibuat saus guacamole atau bahkan digunakan dalam makanan penutup untuk menekan keinginan ngemil makanan manis.


Salmon

Salmon adalah sumber asam lemak Omega 3 yang sehat dan dapat membantu mengatur hormon dan mencerahkan suasana hati. Salmon juga mengandung seng, yang sering kali terkuras dalam tubuh saat stres.

Ikan salmon bisa diolah sebagai menu untuk sarapan, makan siang atau makan malam. Protein lezat ini sangat cocok dengan telur untuk sarapan, ditumis dengan minyak kelapa dan dipadukan dengan salad untuk makan siang, atau steak salmon untuk makan malam. Untuk makan cepat dan mudah saat sibuk, bisa mencoba smoked salmon nori roll untuk mendapatkan manfaat tambahan dari vitamin dan mineral rumput laut.


Dark Chocolate

Kekurangan magnesium berkaitan dengan kecemasan dan stres, Dark Chocolate berkualitas baik mengandung magnesium dan seng yang dapat memberi dorongan yang sehat. Cobalah beberapa potong dark chocolate berkualitas baik sebagai camilan saat stress sedang melanda.



Walnut

Kacang walnut mengandung asam lemak Omega-3 dalam bentuk tumbuhan yang diubah tubuh menjadi asam docosahexaenoic (DHA) untuk menurunkan norepinefrin, hormon yang dapat membuat merasa cemas dan mudah tersinggung. Tambahkan taburan kacang walnut ke salad saat makan siang.



L-Triptofan

L-triptofan adalah asam amino yang diubah tubuh menjadi serotonin 'bahan kimia bahagia'. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi trytophan menjadi jauh lebih menyenangkan dan lebih tenang. Makanan yang kaya L-triptofan antara lain oat, yogurt, kacang-kacangan, biji-bijian atau produk hewani yang diberi makan padang rumput organik.


Biji Wijen

Stres dan kecemasan cenderung menguras seng tubuh, dan tubuh kita membutuhkan seng untuk sistem kekebalan dan saraf. Biji wijen mengandung sekitar 10 mg seng per 100 g sajian, baik yang dikonsumsi mentah, dipanggang, atau digiling. Biji wijen digiling menjadi pasta, yang dikenal sebagai tahini, sajian ini lezat dengan salad atau dicelupkan dengan sayuran untuk camilan cepat dan mudah. Tahini juga merupakan bahan utama untuk membuat hummus yang nikmat.


Foto-foto.Dok Getty Images

© 2019 yukmakan channel