top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Ajinomoto Luncurkan Program Lingkungan MAPAN


Sebagai salah satu merek bumbu penyedap di Tanah Air, Ajinomoto terus memberikan perhatian khusus pada kesehatan dan lingkungan. Menuju tahun 2030, seluruh afiliasi Ajinomoto di seluruh dunia memiliki dua tujuan besar, yaitu meningkatkan harapan hidup sehat 1 miliar orang di seluruh dunia dan mengurangi dampak lingkungan dari kegiatan bisnis perusahaan hingga 50%. Untuk mencapai kedua tujuan ini, Ajinomoto mentransformasi seluruh karyawannya menjadi Health Provider.


Health Provider Ajinomoto dibekali pengetahuan terkait gizi, kesehatan keluarga dan juga kelestarian lingkungan yang bukan hanya untuk diri sendiri namun bisa dibagikan juga untuk keluarga dan masyarakat Indonesia. Sebagai bukti kontribusi Health Provider Ajinomoto terhadap masyarakat sekitar, Ajinomoto meluncurkan Program Lingkungan MAPAN (Mitra heAlth Provider Ajinomoto) di Desa Duren, Kecamatan Klari, Karawang; Kelurahan Sunter Jaya, Jakarta Utara; dan Kelurahan Bulak Banteng, Surabaya. Karawang adalah tempat ketiga diadakannya peluncuran Program Lingkungan MAPAN. Program ini bertujuan untuk memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat sekitar wilayah Pabrik Ajinomoto.


Dalam program ini, Ajinomoto mengedepankan peningkatan pemahaman gizi seimbang dan penyusunan menu menyehatkan bagi keluarga dengan konsep Bijak Garam, aktivitas ramah lingkungan, dan pengembangan ekonomi masyarakat melalui UMKM di bidang kuliner. Kegiatan ini bukan hanya peluncuran program tetapi juga ada sesi monitoring, konsultasi, dan evaluasi. Pada program ini, Ajinomoto juga menggandeng PT Ray Hikmah Jaya (RHJ) yang berlokasi di Karawang. Sebanyak 1.000 bibit ayam, 5 ton pakan ternak, dan tempat pilah sampah juga didonasikan pada acara ini untuk masyarakat setempat.

Kegiatan ini merupakan manifestasi dari Ajinomoto Shared Value (ASV). ASV merupakan keunikan dan keunggulan dari Ajinomoto Group dalam menciptakan nilai bersama Economic value dan Social value melalui pengembangan bisnis Ajinomoto yang berkelanjutan. Dalam bidang kesehatan, hari ini Ajinomoto mengundang Khoirul Anwar, S.Gz, M.Si Ketua Program Studi Gizi, Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan, Universitas Sahid untuk menjelaskan pentingnya pengaturan menu bergizi seimbang bagi keluarga, dan didampingi juga oleh Sakinah, S.Gz, Nutrition & Education, Corporate Communications Dept – Ajinomoto, yang menjelaskan tentang peranan rasa umami dan manfaat penggunaan MSG sebagai salah satu strategi diet rendah garam.



“Ajinomoto menaruh rasa peduli yang besar dalam bidang kesehatan keluarga, karena dari keluarga yang sehat akan tumbuh bangsa yang kuat. Ajinomoto membantu keluarga Indonesia melalui peningkatan literasi gizi agar dapat menyiapkan makanan yang tidak hanya lezat namun bergizi seimbang. Dari segi kegiatan ramah lingkungan Ajinomoto Health Provider (dari Pabrik Karawang) menjelaskan kepada para peserta mengenai pentingnya memilah sampah di rumah. Selain pilah sampah, kami juga memperkenalkan bagaimana pengolahan limbah padat maupun cair di Pabrik Karawang, hingga menjadi produk pakan ternak alternatif yang memiliki nilai jual. Kegiatan seperti ini akan terus kami (Health Provider) lakukan untuk membantu meningkatkan harapan hidup sehat masyarakat Indonesia dan mengurangi dampak lingkungan,” ujar Jasman Silalahi seelaku Direktur PT Ajinomoto Indonesia.


Ajinomoto berharap, apa yang dibagikan para Health Provider dan juga narasumber lainnya dapat memberikan kontribusi nilai sosial yang baik dan dapat menjadi masukkan berguna serta memberikan nilai tambah bagi warga Desa Duren.

Comments


bottom of page