• Novi Amaliyah

Buah Langsat & Duku, Serupa Tapi Tak Sama

Buah langsat menjadi salah satu kekayaan alam Indonesia Timur, khususnya Maluku. Buah yang termasuk dalam suku Meliaceae ini penampilannya sekilas mirip buah duku. Buah bulat berwarna kuning dengan bercak hitam ini umumnya berbuah dalam bentuk gerombol pada satu tangkai.

Duku

Buah khas Maluku ini banyak sekali ditemui hampir di seluruh Maluku dan tumbuh subur di semua wilayah dataran. Buah langsat termasuk satu keluarga dengan buah duku dengan nama latin Lansium Domesticum. Meski memiliki banyak kemiripan dari tampilan luarnya, namun buah langsat memiliki banyak perbedaan signifikan dengan buah duku yang biasa kita temui.

Jika dilihat dari kandungan nutrisi yang sangat tinggi, buah langsat memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh manusia. Tidak hanya itu menurut beberapa penelitian, buah langsat juga memiliki banyak manfaat. Salah satunya mampu membantu untuk mereka yang tengah menjalani proses diet. Serat dan kandungan kalori dalam buah langsat mampu memperlancar proses pencernaan dan memberikan tenaga lebih tanpa harus mengkonsumsi banyak makanan.

Kulit buah langsat lebih tipis jika dibandingkan dengan duku. Hal itu menandakan jika buah ini memiliki kandungan yang baik sebagai antioksidan yang berfungsi mencegah pertumbuhan sel kanker. Lalu, apa saja perbedaan antara buah langsat dan duku? Yuk kita kupas satu persatu!

Langsat

1. Bentuk pohon Pohon dari buah langsat terlihat lebih kurus atau ramping dibandingkan dengan pohon buah duku. Pohon duku cenderung rimbun dan berdaun lebat. Batang pohon langsat pun tidak sebesar pohon duku dan memiliki percabangan tegak dengan daun berwarna hijau tua. 2. Kulit buah Buah langsat memiliki kulit lebih tipis dari pada duku. Selain itu langsat memiliki rasa yang lebih asam dan kandungan getah yang lebih banyak dari pada duku. Ini yang menyebabkan buah langsat lebih cepat membusuk ketika dipetik dari pohonnya jika dibandingkan dengan buah duku. Biasanya dalam waktu sekitar 3 hari, kulit buah langsat akan menghitam meskipun jika dikupas dan dimakan rasa buahnya masih enak. 3. Rasa Langsat dan duku memiliki rasa yang sangat berbeda. Buah langsat memiliki rasa asam yang lebih dominan dibandingkan rasa manisnya. Sedangkan buah duku memiliki rasa sebaliknya, yakni cenderung lebih manis dan memiliki aroma yang khas.

4. Kandungan di dalamnya Dilihat dari tampilan luarnya, buah duku lebih unggul jika dibandingkan dengan buah langsat. Tapi, ternyata buah langsat mengandung kalori dan vitamin yang cukup tinggi dibandingkan dengan buah duku. Dalam 100 gr buah langsat, terkandung 70 kalori, 1 gr protein, 0,2 gr lemak, 13 gr karbohidrat, 0,7 gr mineral, 18 mg kalsium, 9 mg fosfor, dan 0,9 zat besi. Dalam hal kalori, kandungan mineral dan zat besi pada buah langsat setingkat lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah apel ataupun jeruk.

© 2019 yukmakan channel