• Novi Amaliyah

Jangan Dibuang, ini 9 Fakta Kesehatan Pisang Terlalu Matang


Pisang Terlalu Matang
Ternyata pisang yang terlalu matang justru lebih kaya antioksidan

Pisang, buah murah meriah satu ini cukup melimpah di Indonesia dan menjadi salah satu buah yang mudah didapatkan semua orang bahkan menjadi konsumsi sehari-hari. Sayangnya buah satu ini terkadang mudah menjadi lembek dan terlalu matang jika disimpan terlalu lama. Beberapa orang bahkan sungkan mengonsumsi buah pisang yang terlalu matang dan lembek, tak jarang pisang akan dibuang begitu saja. Tahukah kamu, padahal pisang yang terlalu matang ditandai dengan bintik-bintik coklat pada bagian kulit pisang ini justru memiliki banyak manfaat, juga kandungan antioksidan lebih tinggi. Saat pisang terlalu matang, pati dalam dagingnya diubah menjadi gula tak heran rasa pisang yang sudah terlalu matang akan terasa lebih manis. Berikut 9 fakta manfaat kesehatan pisang yang terlalu matang seperti dilansir dari Healthline.


1. Sumber Antioksidan

Manfaat kesehatan pertama dari pisang yang terlalu matang adalah menyediakan sumber antioksidan. Hal ini terkait dengan kandungan antioksidan yang lebih tinggi dalam pisang matang. Faktanya, semakin matang pisang, semakin banyak antioksidan yang dimilikinya. Pada titik ini, antioksidan memberikan peran besar dalam fungsi tubuh. Dengan antioksidan, membantu mengurangi pembentukan buruk dan mencegah risiko masalah kesehatan tertentu. Dalam hal ini, dapat membantu untuk mencegah kanker. Kamu bisa membekukan pisang di freezer dan mencampurnya dengan buah lain untuk membuat smoothie yang sehat dan nikmat. Karena pisang memberikan citarasa smoothie jadi lebih creamy.


2. Sumber Kalium

Pisang adalah sumber potasium. Seperti yang kita ketahui bahwa kalium adalah mineral penting untuk fungsi tubuh. Dengan jumlah nutrisi kalium yang ideal dalam tubuh, akan membantu untuk mengontrol keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Selain itu, juga berfungsi dalam mengatur produksi sel sehingga membantu mengontrol tingkat tekanan darah dan detak jantung. Rutin mengonsumsi makanan yang mengandung kalium seperti pisang dapat mencegah risiko penyakit jantung juga.


3. Sumber Serat

Makanan berserat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Ini karena peran serat untuk meningkatkan pencernaan yang sehat dan mencegah penyakit jantung. Dengan mengonsumsi pisang dapat memenuhi kebutuhan serat harian yang dibutuhkan tubuh. Dengan memenuhi kebutuhan serat dalam pisang, nutrisi penting ini akan membantu meningkatkan sistem pencernaan yang sehat. Juga, bermanfaat untuk membantu mengendalikan nafsu makan.


4. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Konsumsi pisang dapat membantu melancarkan pencernaan. Ini karena adanya gula sederhana saat pisang matang. Sehingga lebih mudah dicerna. Tak hanya itu, diketahui juga bahwa indeks glikemik yang lebih tinggi pada pisang matang menunjukkan bahwa pisang matang lebih cepat dicerna.


5. Meningkatkan Energi

Jika ingin meningkatkan energi, yang perlu dilakukan hanyalah makan makanan sehat, nutrisi baik yang terkandung dalam makanan akan meningkatkan energi dan meningkatkan kesehatan tubuh. Lain kali jangan buah pisang yang terlalu matang karena pisang kaya akan serat, potasium, dan protein di dalamnya yang dapat membantu untuk mendapatkan energi lebih banyak. Kandungan karbohidrat dalam pisang yang sudah terlalu matang juga rendah glikemik namun kaya vitamin, dan mineral untuk mendukung peningkatan daya tahan tubuh.


6. Mencegah Kanker

Fakta menarik lainnya dari pisang yang terlalu matang adalah dapat membantu untuk mencegah kanker. Hal ini dikarenakan adanya sumber antioksidan di dalamnya. Menurut sebuah penelitian di Jepang yang diterbitkan dalam “Food Science and Technology Research” edisi tahun 2009 menunjukkan bahwa bintik-bintik coklat pada pisang menghasilkan zat yang disebut Tumor Necrosis Factor, yang memecah sel-sel abnormal – termasuk yang menyebabkan kanker. Ini adalah hal yang baik untuk Anda yang ingin mengurangi risiko kanker.


7. Mencegah Anemia

Manfaat kesehatan lain dari pisang yang terlalu matang adalah dapat mencegah anemia. Ini dikarenakan adanya zat besi di dalamnya. Kemudian, buah ini dapat membantu penderita anemia dengan menyediakan zat besi yang sangat dibutuhkan. Zat besi dalam pisang coklat, dapat membantu merangsang produksi sel darah merah dan hemoglobin dan memperkuat suplai darah.


8. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat pisang yang terlalu matang lainnya juga adalah, pisang dapat membantu mengontrol tekanan darah. Dengan mengkonsumsi pisang yang matang secara teratur akan membantu untuk menurunkan tekanan darah dan melindungi terhadap stroke atau serangan jantung. Hal ini karena adanya kadar natrium dan kalium yang rendah sehingga buah ini sangat baik untuk jantung.


9. Meredakan Kram Otot

Kandungan serat dalam pisang dapat membantu memperlancar pencernaan sehingga dapat membantu mengurangi gelaja perut kembung dan penuh. Selain itu pisang juga tinggi akan kandungan magnesium, dimana zat ini dapat membantu otot perut menjadi lebih relaks saat menstruasi