• Novi Amaliyah

Kroket, Kudapan Khas Belanda Ini Ternyata Berasal Dari Prancis


Croquette atau kroket adalah salah satu kudapan khas Belanda yang cukup populer. Kudapan khas Belanda merupakan bola-bola kentang yang berisi isan daging ragout atau salpicon yang dilapisi remah roti, dan digoreng sampai keemasan dan renyah.


Banyak orang menganggap kroket adalah salah satu sajian otentik khas Belanda. Namun menurut Johannes Van Dam, yang merupakan pakar makanan terkenal di Belanda, Sun King's adalah orang pertama yang mendeskripsikannya secara tertulis.


Van Dam melacak resep Prancis untuk kroket yang berasal dari tahun 1691, sedangkan resep Belanda paling awal konon berasal dari tahun 1830-an. Bahkan nama kroket diambil dari bahasa Prancis, dari kata croquer atau to crunch. Bahkan Raja Prancis Louis XIV adalah salah satu penggemar kroketje.

Kroket mulai populer di Belanda pada abad ke-18, ketika makanan Prancis populer di Belanda. Dan, meskipun berasal dari Prancis, kudapan satu ini menjadi salah satu comfort food orang Belanda yang dinikmati hingga saat ini.


Kroket atau di Belanda disebut Kroketten sering diproduksi secara massal dan tersedia dalam bentuk siap saji yang banyak dijual di restoran cepat saji sebagai salah satu snack bar dan street food di Belanda. Orang Belanda sangat menyukai kroket, saking populernya kroket di Belanda, McDonald's bahkan membuat burger dengan patty kroket yang disebut McKroket.


Jenis-Jenis Kroket Khas Belanda

Di Belanda ada berbagai macam jenis kroket yang populer seperti Broodje kroket, dimana terbuat dari roti putih lembut dengan paduan mustard, dimana menjadi salah satu kudapan favorit saat makan siang di Belanda. Salah satu yang menyajikan kroket terlezat adalah restoran di Amsterdam, Van Dobben. Atau bisa juga mencoba kroket udang dari Holtkamp Pattiserie. Selain berisi isian daging sapi atau daging sapi muda sebagai salah satu varian kroket klasik khas Belanda, ada juga varian lain seperti sate ayam atau goulash, serta sejumlah kreasi kroket, dengan isian seperti bakmi yang terinspirasi dari Indonesia (disebut juga bamibal), dan nasi nasi (atau nasibal), serta kroket kentang. Bitterbal, adalah versi kroket bulat kecil biasanya dibuat dengan daging sapi atau daging sapi muda yang menjadi salah satu adalah camilan bar yang cukup populer di Belanda.