• Maria Yuliana Kusrini

Makanan yang Cocok Dijadikan Menu Sarapan

Agar siap menghadapi aktivitas seharian yang padat, dibutuhkan asupan gizi yang tinggi, Untuk itulah sangat perlu yang namanya sarapa di pagi hari. Tentunya dengan pilihan menu yang mengandung cukup nutrisi, lengkap dan seimbang.



Sarapan yang sehat sebaiknya mengandung kombinasi karbohidrat kompleks dan protein. Para pakar diet dan nutrisi menganjurkan konsumsi karbohidrat kompleks seperti oatmeal, roti gandum utuh atau beras merah. Makanan itu mengenyangkan dalam waktu yang lebih lama dan tidak menyebabkan peningkatan gula darah secara drastis karena dicerna dan diserap oleh tubuh perlahan.


Jangan lupa, tambahkan protein dalam daftar menu sarapan Anda. Protein merupakan nutrisi esensial untuk memulai hari. Protein yang lambat diserap akan membuat kenyang hingga sebelum waktu makan berikutnya. Telur adalah salah satu pilihan menu sarapan yang baik. Hal ini seperti yang diungkapkan dalam Journal of The American College of Nutrition. Bisa juga memilih menu protein rendah lemak lainnya, seperti daging ayam atau sapi tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan dan olahannya, yogurt, dan susu tinggi protein yang rendah lemak. Jangan lupa tambahkan sayur atau buah-buahan kaya serat dalam menu sarapan untuk memasok serat, vitamin, serta mineral bagi tubuh.


Berikut ini beberapa contoh menu sarapan yang baik:

1. Roti gandum dengan selai kacang dan susu rendah lemak.

2. Oatmeal dengan potongan buah segar dan susu rendah lemak.

3. Omelet telur dengan sayuran.

4. Roti bakar dengan yogurt rendah lemak dan potongan buah.

5. Sandwich berisi telur atau ayam dengan sayuran.

© 2019 yukmakan channel