• Novi Amaliyah

Manfaat Lain Kunyit, Membantu Fungsi Tiroid, Menurunkan Kolesterol Hingga Meredakan Diare


turmeric (kunyit)
Selain dapat melawan peradangan, kunyit juga dapat membantu fungsi tiroid dengan baik serta menurunkan kolesterol

Kunyit adalah salah satu bahan yang digunakan pada pembuatan bubuk kari. Warna, rasa, dan aroma yang kuat pada semangkuk kari yang nikmat. Selain dimanfaatkan sebagai bumbu dalam olahan masakan, sudah sejak lama kunyit dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan. Kunyit mengandung berbagai bahan yang bermanfaat bagi kesehatan mulai dari anti peradangan, membantu fungsi tiroid, menurunkan kadar kolesterol hingga mengobati diare. Berikut manfaat lain kunyit yang perlu kamu ketahui seperti dilansir dari Healthline.


Anti-Inflamasi

Warna kuning pada kunyit yang berasal dari adanya curcumin. Curcumin adalah senyawa yang banyak ditemukan di dalam kunyit yang berfungsi sebagai anti-inflamasi.


Kunyit Membantu Kesehatan Kognitif

Salah satu kegunaan kunyit yang paling penting lainnya dan menarik adalah untuk kesehatan kognitif. Ini karena karena kandungan curcumin. Curcumin mengandung setidaknya 10 tindakan neuroprotektif yang dapat diidentifikasi, masing-masing membantu otak dengan caranya sendiri, seperti membantu dalam pengobatan penyakit Alzheimer, dengan mengatasi kadar logam yang menimbulkan risiko pada otak, dan membantu regenerasi sel otak.


Membantu Kesehatan Jantung dan Mengelola Kolesterol

Curcumin bekerja dalam beberapa cara berbeda dalam mengatasi kesehatan jantung. Pertama, curcumin berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah oksidasi kolesterol LDL (low density lipoprotein kolesterol, atau kolesterol jahat), sekaligus meningkatkan reseptornya agar mudah dilepaskan sehingga tidak bertahan lebih lama di aliran darah yang dapat mengoksidasi dan meningkatkan risiko kesehatan.


Kunyit Baik untuk Hati Kunyit baik untuk menjaga kesehatan hati dalam hal menurunkan enzim hati, yang merupakan indikator untuk mengukur fungsi hati. Kunyit dapat membantu meningkatkan kesehatan fungsi hati dengan mengurangi produksi lemak di hati. Perlemakan hati bisa terjadi karena tingginya gula yang dapat menganggu kesehatan juga karena konsumsi alkohol.


Kunyit Menenangkan Arthritis

Arthritis ditandai dengan nyeri sendi saat digerakkan, dan itu terjadi karena peradangan. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa fungsi kunyit untuk arthritis mirip dengan fungsinya sebagai anti inflamasi. Studi membuktikan bahwa efek kurkumin pada rheumatoid arthritis sebanding dengan resep anti-inflamasi.


Kunyit Membantu Fungsi Tiroid

Kunyit kaya akan mangan yang dapat mendukung fungsi tiroid. Hanya 2 sendok teh kunyit mampu memberikan 17% dari nilai kebutuhan mangan harian yang direkomendasikan.


Kunyit Kaya akan Vitamin dan Mineral

Selain mangan, ada banyak vitamin dan mineral yang ada di dalam kunyit, seperti zat besi, serat, vitamin B6, zinc juga kalium.


Mengatasi Diare

Mengkonsumsi kunyit setiap hari selama satu bulan dapat berkontribusi pada penurunan buang air besar, yang meliputi diare, mual, dan penyakit Crohn, dan sakit perut yang terkait dengan penyakit Crohn. Kunyit untuk konsumsi sehari-hari juga bisa dibuat dengan mengonsumi jamu kunyit yang biasa dijumpai di tukang jamu atau bisa membuatnya sendiri di rumah.