• Novi Amaliyah

Manfaat Penggunaan Daun Kari


Daun kari, dedaunan ini berasal dari pohon kari (Murraya koenigii). Pohon ini adalah tanaman asli India, dan daunnya digunakan untuk pengobatan dan masakan sejak lama. Daun kari memiliki ciri khas aromatik dan memiliki rasa yang unik. Daun kari tidak sama dengan bubuk kari, meskipun keduanya sering ditambahkan ke campuran bumbu yang sering digunakan dalam masakan untuk menambah rasa serta aroma pada hidangan, seperti kari, hidangan nasi, dan dals. Selain sebagai ramuan kuliner serbaguna, daun kari juga menawarkan banyak manfaat kesehatan karena senyawa tanaman yang dikandungnya. Berikut manfaat mengesankan dari penggunaan daun kari.


Kaya Antioksidan

Daun kari dikemas dengan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dengan mengurangi stres oksidatif dan membersihkan radikal bebas. Ini dikarenakan daun kari kaya akan zat pelindung seperti alkaloid, glikosida, dan senyawa fenolik, yang memberikan manfaat kesehatan dari daun wangi satu ini. Penelitian menunjukkan, daun kari mengandung banyak senyawa, termasuk linalool, alpha-terpinene, myrcene, mahanimbine, caryophyllene, murrayanol, dan alpha-pinene. Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Antioksidan memainkan peran penting dalam menjaga tubuh agar tetap sehat dan bebas dari penyakit.


Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Faktor risiko seperti kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung. Menambahkan daun kari ke dalam makanan dapat membantu mengurangi beberapa faktor risiko ini. Penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi daun kari dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung dalam beberapa cara. Sebagai contoh, penelitian pada hewan telah menemukan bahwa ekstrak daun kari dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi. Hasil ini berkorelasi dengan tingginya jumlah alkaloid yang disebut mahanimbine dalam daun kari.


Melindungi Kesehatan Syaraf

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak daun kari dapat melindungi dari penyakit neurodegeneratif. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa daun kari dapat membantu melindungi kesehatan sistem saraf, termasuk otak. Ekstrak ini juga mengurangi jumlah kerusakan oksidatif dalam sel-sel otak, serta enzim yang terkait dengan perkembangan penyakit Alzheimer.

Memiliki Efek Anti Kanker

Uji tabung dan penelitian pada hewan menunjukkan jika daun kari mungkin memiliki sifat antikanker yang kuat. Daun kari mengandung senyawa yang memiliki efek antikanker yang signifikan. Sebuah penelitian tabung reaksi yang melibatkan tiga sampel ekstrak kari dari daun kari yang tumbuh di lokasi berbeda di Malaysia ditemuka bahwa ketiganya menunjukkan efek antikanker yang kuat dan menghambat pertumbuhan jenis kanker payudara yang agresif. Penelitian tabung reaksi lain juga menemukan bahwa ekstrak daun kari mengubah pertumbuhan dua jenis sel kanker payudara, serta penurunan viabilitas sel. Ekstrak ini juga menyebabkan kematian sel kanker payudara. Selain itu, ekstrak daun kari telah terbukti beracun bagi sel kanker serviks dalam penelitian tabung reaksi.


© 2019 yukmakan channel