• Novi Amaliyah

Mengenal Keju Dari Berbagai Negara



Sebagai pecinta keju kamu pasti sering mendapati berbagai macam keju saat berbelanja di supermarket. Cheddar, Edam, Mozzarella, Parmesan adalah beberapa jenis keju yang sering dijumpai. Padahal jika ditelusuri ada ratusan jenis keju dari berbagai negara di Eropa. Di Perancis sendiri sendiri ada sekitar 500 jenis yang diproduksi di Perancis. Belum dari negara-negara Eropa lainnya seperti Itali, Belanda, Jerman hingga Swiss yang memiliki beberapa keju yang juga populer. Beberapa negara di Timur Tengah juga memiliki keju yang unik, beberapa tidak ditemukan bahkan kurang populer di Indonesia. Ini karena aroma dan citarasanya cukup tajam yang kurang disukai orang Indonesia. Berikut keju dari berbagai negara yang perlu kamu tahu asalnya.


Brie - Perancis

Keju yang berasal dari Perancis ini termasuk dalam kategori soft cheese. Berasal dari Brie, nama daerah keju ini diproduksi yang termasuk dalam Seine-et-Marne. Terbuat dari susu sapi, keju ini memiliki karakteristik yang sama dengan keju Camembert yang berasal dari wilayah lain di Perancis.


Mozzarella - Itali

Keju ini bisa dibilang menjadi salah satu keju terpopuler dari Itali, khususnya Itali Selatan. Keju yang termasuk dalam kategori fresh cheese ini terbuat dari susu kerbau atau susu sapi. Keju ini lebih nikmat dikonsumsi selagi masih segar.


Cheddar - Inggris

Siapa tak kenal keju satu ini, di Indonesia keju satu ini yang paling mudah ditemui. Meski populer di Amerika keju ini aslinya berasal dari Cheddar di Somerset Inggris. Keju ini terbuat dari susu sapi, di Indonesia keju ini populer dipadukan dalam makanan maupun untuk paduan pada cakes.


Feta - Yunani

Keju satu ini berasal dari Yunani, terbuat dari susu domba yang dipasteurisasi kadang juga ditambahkan susu kambing ke dalamnya. Keju ini biasanya bercitarasa asin karena ditambahkan garam pada proses pembuatannya serta asam seperti yoghurt.


Gouda - Belanda

Di Indonesia, keju ini lebih dikenal dengan nama keju edam. Keju yang berasal dari Belanda ini mudah dikenali dari kemasan bagian luarnya yang terbuat dari lapisan lilin merah. Keju Gouda memiliki tekstur cukup keras karena itu termasuk dalam jenis keju tua. Keju ini memiliki citarasa yang gurih, di Indonesia keju ini populer dipadukan untuk membuat kaastengels maupun kue kering keju lainnya.

Gruyere - Swiss

Keju ini biasa digunakan pada sajian cheese foundue. Citarasa keju satu ini sangat kompleks, keju yang berasal dari kota Gruyere, Swiss ini tergolong salah satu keju terenak menurut para penikmat keju.


Emmental - Swiss

Keju yang berasal dari Swiss ini tergolong salah satu keju unik, karena memiliki lubang-lubang. Awalnya lubang ini dianggap sebagai kekurangan, namun pada akhirnya keju ini terkenal karena lubang-lubang yang terdapat di dalam keju ini begitu dipotong. Keju satu ini memiliki citarasa asin dan gurih yang lembut. Seperti Gruyere, keju ini biasanya juga digunakan sebagai paduan untuk menikmati cheese fondue saat musim dingin.


Monterey Jack - Amerika Serikat

Awalnya keju ini dibuat oleh orang Meksiko yang tinggal di California hingga suatu hari seseorang bernama David Jack menjualnya secara komersil. Keju ini terbuat dari susu sapi ini memiliki citarasa yang creamy dan memiliki beberapa varian seperti colby-jack, cheedar-jack, dan pepper-jack.


Akkawi - Palestina

Dalam bahasa Arab, akkawi berasal dari kata dari Akka, dimana keju ini berasal yaitu kota Akka, Palestina. Keju ini berwarna putih bersih dan memiliki tekstur yang mirip dengan keju mozzarella dan feta. Keju ini terbuat dari susu sapi tapi bisa juga dibuat dari susu kambing maupun susu domba. Keju ini banyak diproduksi di negara-negara Timur Tengah seperti Israel, Lebanon, Jordan, Syria, Gaza, Mesir dan Siprus. Biasanya keju ini dimakan bersama roti atau buah-buahan.


Rumi - Mesir

Keju satu ini berasal dari Mesir, terbuat dari susu sapi atau kerbau. Teksturnya keras namun rapuh. Aroma keju satu ini cukup kuat dengan citarasa asin.


Circassian - Rusia

Keju ini terbuat dari susu sapi, domba atau kambing. Keju yang berasal dari Rusia ini memiliki citarasa yang tidak terlalu kuat, hampir mirip seperti Mozzarella. Bedanya keju ini bentuknya tidak berubah meskipun dipanggang seperti Mozzarella.

© 2019 yukmakan channel