• Maria Yuliana Kusrini

Nasi Jamblang Ibu Nur Menyediakan Banyak Lauk Untuk Sarapan

Meski masih di masa pandemi seperti saat ini, namun Nasi Jamblang Ibu Nur tetaplah buka. Salah satu tempat makan unggulan di Cirebon ini pun tetap buka mulai jam 07.00 WIB sehingga siap melayani tamu yang ingin sarapan. Pilihan menu sarapan nasi jamblang pun akan ditemani dengan variasi lauk yang sangat banyak.



Kekhasan dari nasi jamblang itu sendiri terletak pada penggunaan daun jati sebagai alas nasinya, Hal itu pun pastinya akan menciptakan sensasi berbeda. Porsi nasi di sini terbilang kecil , sehingga bagi yang merasa kurang bisa memesan dua porsi nasi atau lebih. Nasi putih itu pun sudah pasti akan ditemani dengan sambal merah menggoda dengan citarasa pedas yang masih sangat bersahabat di lidah.


Nasi dan sambal merah itu pun makin meriah dengan diiringi dengan beberapa lauk berbeda. Seperti dikatakan di awal, jika tempat makan ini menyajikan pilihan lauk yang sangatlah banyak. Setiap lauk itu disajikan dalam wadah besar atau baskom, sehingga tamu bisa memilihnya dengan dibantu oleh pelayan di sana. Kali ini untuk lauk pendamping yang dipilih ada Tempe Goreng, Pepes Jamur, Sate Usus, dan Paru Goreng.



Tempe Goreng jadi lauk yang terkesan sangat biasa dan bisa ditemukan di mana pun. Bahkan sebagai besar orang menganggap jika rasa tempe goreng ya begitu-begitu saja alias standar. Akan tetapi, Nasi Jamblang Ibu Nur ini sukses menghadirkan lauk Tempe Goreng yang renyah dan punya sensasi rasa gurih asin yang pas di lidah. Meski digoreng menggunakan minyak, namun tempenya begitu kering dan tidak berminyak sama sekali. Tempenya pun belum terlalu jadi, terlihat jelas pada buliran kedelainya yang terlihat belum menyatu satu sama lain.


Masih dengan pilihan lauk yang digoreng, Paru Goreng bisa dijadikan pilihan istimewa. Tersaji dalam ukuran yang lumayan lebar besar, parunya dipotong agak tipis. Sehingga ketika digoreng begian dalamnya tidak basah alias garing. Meski tidak segaring layaknya kerupuk, namun paru ini sukses menciptakan rasa gurih yang nikmat.



Jerohan lainnya yang bisa dipilih sebagai lauk, ada Sate Usus. Lauk satu ini berupa sate usus yang diproses dengan cara digoreng, kemudian disajikan dengan serundeng. Rasa ususnya yang memang sudah gurih semakin bertambah nikmat dengan adanya serundeng yang menghadirkan sensasi gurih kelapa yang crunchy.


Pepes Jamur juga bisa dijadikan pilihan bagi tamu yang menyukai menu pepesan atau penikmat olahan jamur. Potongan jamurnya agak besar yang disajikan dengan potongan cabai sehingga punya sensasi rasa yang sedikit pedas. Potongan daun bawang pun menjadikan pepes ini semakin istimewa. Setiap lauk itu pun sukses membangun citarasa super istimewa di lidah dan meninggalkan kesan berbeda.


Nasi Jamblang Ibu Nur

Jl. Cangkring 2 No. 34, Kejaksan, Cirebon

085101785888



© 2019 yukmakan channel