© 2019 yukmakan channel

  • Novi Amaliyah

Nikmatnya Soto Bandung di Musim Penghujan


Di musim penghujan seperti sekarang ini semangkuk soto panas dengan nasi putih bertabur bawang rasanya jadi menu yang tepat untuk menghangatkan suasana. Dari sekian banyaknya ragam soto Nusantara, bisa dibilang Soto Bandung kurang begitu populer jika dibandingkan dengan soto-soto lainnya seperti Soto Kudus, Soto Lamongan, Soto Betawi, atau Soto Surabaya. Padahal soto khas Bandung ini tak kalah nikmat.


Soto Bandung merupakan soto berkuah bening namun dengan citarasa yang kuat karena kuahnya terbuat dari kuah kaldu sapi serta paduan bumbu dan rempah. Soto Bandung berisi potongan daging sapi ada juga yang menggunakan bagian sandung lamur, uniknya soto ini menggunakan irisan lobak, serta taburan kacang kedelai goreng yang memberikan tekstur pada soto satu ini. Irisan daun bawang dan seledri menjadi penyempurna sajian satu ini. Seperti pada kebanyakan soto lainnya, Soto Bandung juga disajikan dengan sambal dan irisan jeruk nipis bagi yang suka dengan citarasa segar dan sedikit asam.


Kuah kaldu sapi menjadi kunci kenikmatan soto satu ini, untuk bumbunya ada bawang putih, bawang merah, lada, pala, lengkuas, jahe, sereh, serta sedikit biji pala. Untuk sambalnya bisa dibuat dari cabai yang direbus. Bisa menggunakan cabai hijau atau cabai merah, sesuaikan dengan selera. Atau kamu bisa mencoba Soto Bandung di The Peoples Café dari Ismaya Group. Di sini seporsi Soto Bandung lengkap dengan nasi putih dipatok dengan harga Rp 50.000,-.