top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Pintu Incubator 'Premiére Classe Paris 2023'

Pintu Incubator, sebuah inisiatif mode lintas budaya ikut ambil bagian di pameran bergengsi Premiére Classe Paris 2023. Diinisiasi oleh JF3, Lakon Indonesia, dan Kedutaan Besar Prancis di Indonesia melalui Institut Français d'Indonésie (IFI), kolaborasi ini mencerminkan komitmen bersama untuk membantu bakat mode yang sedang berkembang, praktik berkelanjutan, dan pertukaran budaya dalam industri mode.

Partisipasi Pintu Incubator di Première Classe Paris ini berlangsung antara 29 September hingga 2 Oktober 2023. Pameran fashion ini diadakan di Jardin Des Tuileries, Paris. Sebelumnya, Pintu Incubator telah memperkenalkan empat bakat mode Indonesia yang sedang berkembang ke panggung global. Untuk kali ini, ada dua mode muda berbakat yang dipilih, yakni Bertjorak dan Fuguku.


Bertjorak merupakan sebuah brand yang dimulai di Bandung pada tahun 2020. Bertjorak memperkenalkan busana siap pakai modern untuk perempuan dan pria (uniseks). Karyanya hadir dalam warna-warna eksentrik dengan filosofi penyebaran energi positif. Dalam pembuatan semua produknya, Bertjorak secara konsisten melakukan penelitian dan eksplorasi berdasarkan trend terkini. Untuk koleksi baru yang diberi nama 'Captcha', Bertjorak mempersembahkan koleksi 12 potong yang menggabungkan spektrum warna dan pola yang terinspirasi oleh gangguan internet kontemporer. Koleksi ini menggunakan bahan yang sepenuhnya berkelanjutan seperti katun dan kancing yang terbuat dari botol plastik daur ulang.


Sedangkan untuk Fuguku dibuat oleh para pengrajin berbakat di Jakarta. Brand ini menampilkan produk kontemporer yang berinovasi menggunakan botol plastik bekas daur ulang. Fuguku memasuki panggung mode Indonesia pada tahun 2022 dengan filosofi dan desain yang mengambil inspirasi dari ikan buntal atau fugu. Kain Fuguku dibuat secara manual dengan inovasi berdasarkan teknik jumputan tradisional Indonesia atau teknik pengikatan kain. Dengan memanfaatkan bahan botol daur ulang PRET, desain Fuguku memberikan dampak positif pada lingkungan. Koleksi musim semi/musim panas 2024 ini mengambil inspirasi dari bentuk dan warna laut serta simbolisasi tentang hal-hal yang tidak diketahui. Diberi judul 'The Deep Sea', koleksinya terdiri dari 12 tampilan.


Selain dua merek yang berpartisipasi dan lolos dalam kurasi terbaru, ada alumnus dari program Pintu Incubator tahun 2022. Bernama Apakabar, brand satu ini kembali untuk kedua kalinya. Apakabar diluncurkan pada tahun 2018 dan keterlibatannya kali ini menunjukkan komitmennya yang berkelanjutan untuk mengurangi dampak lingkungan melalui koleksi yang berkelanjutan. Desain yang ramah lingkungan dari merek ini menjadi bukti pengaruh signifikan dari Pintu Incubator dalam mempromosikan praktik mode berkelanjutan. Apakabar memperkenalkan 'Gentra' dengan menampilkan 12 potongan sebagai 'Suara Alam Semesta'.

"Kami bersyukur karena program Pintu 2023 mendapatkan banyak antusiasme dan apresiasi positif dari berbagai pihak. Melalui kolaborasi dengan Kedutaan Besar Prancis melalui Institut Français Indonesia (IFI), kami berharap dapat meningkatkan fashion Indonesia dan mendorong Indonesia menjadi bagian dari ekosistem global, sehingga dapat membuka peluang yang lebih besar bagi banyak pelaku secara luas,” terang Thresia Mareta selaku Pendiri Lakon Indonesia dan co-inisiator Pintu Incubator.


Pintu Incubator sendiri adalah platform bilateral yang visioner dan berfungsi untuk memberdayakan kreatif muda dan UMKM di bisnis fashion Indonesia dan Prancis. Inisiatif ini menjembatani keberagaman budaya dan keberlanjutan, mendorong kolaborasi antara ekosistem fashion lokal dan global. Melalui serangkaian bimbingan, lokakarya, dan kolaborasi dengan organisasi dan tokoh terkemuka dari Indonesia dan Prancis, Pintu Incubator mempersiapkan pesertanya untuk eksposur internasional. Melalui kehadiran Pintu Incubator di Première Classe Paris 2023, maka akan menyoroti industri mode yang berkembang pesat di Indonesia sekaligus menunjukkan komitmen terhadap pertukaran lintas budaya dan praktik mode berkelanjutan.

Comments


bottom of page