• Novi Amaliyah

Probiotik dan Prebiotik, Apa Bedanya?


Kamu pasti sering mendengar istilah probiotik dan perbiotik keduanya berhubungan erat dengan kesehatan pencernaan. Serat, probiotik dan prebiotik sangat baik untuk dikonsumsi agar kesehatan pencernaan tetap terjaga dengan baik. Pencernaan yang sehat akan meningkatkan imunitas tubuh. Dimana imunitas tubuh sangat penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dan fit untuk beraktivitas serta melawan berbagai penyakit.


Jadi apa sebenarnya probiotik dan prebiotik itu, yuk simak penjelasan berikut dan makanan apa saja yang mengandung probiotik maupun prebiotik untuk menjaga pencernaan tetap sehat serta penjelasan perbedaan keduanya. Setelah tahu perbedaannya dan makanan apa saja yang mengandung probiotik ataupun prebiotik, mulai sekarang kamu bisa menambahkan ke dalam daftar menu makanan sehari-hari.


Probiotik

Probiotik dikenal juga sebagai bakteri baik yang secara alami ada di dalam sistem pencernaan. Namun karena pola makan yang tidak sehat, pengobatan dengan mengonsumsi antibiotik dan sebagainya menyebabkan bakteri baik ini berkurang jumlahnya. Agar bakteri baik dalam sistem pencernaan dalam jumlah yang seimbang kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti produk makanan berfermentasi antara lain yogurt, kefir, kimchi, miso, tempe, kombucha, sauerkraut dan lainnya.


Prebiotik

Sementara prebiotic adalah senyawa alami dalam makanan yang tidak dapat dicerna usus namun berfungsi sebagai suplemen untuk mendorong pertumbuhan mikroorganisme baik dalam sistem pencernaan tubuh. Dengan kata lain prebiotik adalah makanan untuk probiotik atau bakteri baik. Makanan yang mengandung zat prebiotik antara lain ada pisang, madu, bawang merah, bawang putih, daun bawang, kedelai, sayuran hijau, flaxseed, buah-buahan dan lainnya.

© 2019 yukmakan channel