top of page
  • Novi Amaliyah

Royco Nutrimenu, Bantu Ibu Siapkan Menu Gizi Seimbang Untuk Anak


Data Riskesdas (Riset Dasar Kesehatan Dasar) tahun 2018 menunjukkan lebih dari 23 juta anak di Indonesia mengalami gizi tidak seimbang. Kondisi ini menjukkan Indonesia berada dalam darurat ketidakseimbangan gizi yang membuat angka stunting semakin tinggi, di satu sisi masalah ketidakseimbangan gizi juga mencakup anak-anak yang mengalami kelebihan gizi hingga obesitas.


Untuk mengatasi permasalahan ini Kementrian Kesehatan telah mencanangkan Isi Piringku sebagai panduan porsi makan dengan gizi yang seimbang sesuai dengan kebutuhan. Dimana asupan karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral yang seimbang dan tepat.

Menurut dr. Diana F. Suganda, MKes, Sp.GK, porsi makanan yang dianjurkan untuk menciptakan gizi seimbang terdiri dari setengah piring yang terdiri dari buah dan sayur, setengah piring lainnya berupa karbohidrat dan lauk pauk. "Kemenkes sudah menganjurkan jumlah porsinya. Bahkan ada piring bersekat untuk memudahkan mengukur porsi makan. Selain kombinasi makanan, porsi makannnya juga harus tepat,” dr. Diana F. Suganda, MKes, Sp.GK.


Melihat kondisi ini, Unilever melalui brand Royco baru-baru ini meluncurkan program Royco Nutrimenu untuk membantu para ibu menyiapkan makanan sesuai dengan asupan gizi seimbang untuk anak. Bertajuk "Ayo Masak Lezat sesuai Isi Piringku", Royco memberi panduan untuk para ibu menciptakan masakan berdasarkan Isi Piringku yang menjadi Pedoman Gizi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.


Royco Nutrimenu "Ayo Masak Lezat sesuai Isi Piringku" merupakan rangkaian program edukasi yang diawali dengan Training of Trainers kepada kader kesehatan dari Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) dan Posyandu mengenai permasalahan gizi di Indonesia, juga tentang prinsip gizi seimbang, pedoman Isi Piringku, serta praktek memasak resep Royco Nutrimenu sesuai Isi Piringku di Garut, Jawa Barat.

Selama 21 hari, para kader didampingi secara penuh untuk mengimplementasikan praktek memasak Royco Nutrimenu sesuai Isi Piringku. Hasilnya, program ini memberikan peningkatan yang cukup baik akan pengetahuan gizi, sikap, dan praktik para ibu untuk memasak sesuai panduan Isi Piringku. Para ibu sudah mampu menakar porsi karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral secara tepat. Hal ini disampaikan Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN, Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia IPB University dalam konferensi pers Royco Nutrimenu di Jakarta pada Selasa, 28 Januari 2020 lalu.


Royco Nutrimenu juga memperkenalkan bahan-bahan masakan yang masuk dalam 50 Bahan Pangan Masa Depan. Dimana bahan-bahan lokal seperti bayam, pok choi, selada air, okra, ubi jalar dan kacang hijau bisa diolah menjadi sajian yang lezat, sehat dengan kandungan gizi tinggi serta terjangkau dan mudah ini untuk memenuhi kebutuhan seimbang anak dan keluarga.

bottom of page