• Novi Amaliyah

Tips Agar Tempura Garing dan Renyah


Sushi dan Sashimi mungkin jadi makanan Jepang yang paling populer. Selain kedua makanan tersebut, Jepang juga punya makanan berupa kudapan yang digoreng seperti aneka gorengan Indonesia.


Kalau kamu termasuk pecinta gorengan, rasanya tempura pasti sudah tidak asing lagi. Tempura adalah hidangan sayuran dan makanan laut Jepang yang populer dimana sayuran dan aneka makanan laut ini dilapisi dengan adonan tepung yang sangat ringan serta digoreng dengan sempurna.


Kudapan ini disajikan di banyak restoran Jepang di seluruh dunia, tetapi juga menyenangkan dan mudah dibuat dari awal di rumah. Kudapan ringan ini bisa coba kamu buat sendiri di rumah untuk menjadi camilan atau lauk pendamping. Berikut tips praktis membuat tempura garing dan renyah. Selamat mencoba!


  1. Adonan tempura dasar Jepang terbuat dari tepung, telur, dan air es. Meski sederhana, ada beberapa trik untuk menghasilkan tempura yang renyah. Air es, tepung yang diayak, dan minyak panas hanyalah beberapa faktor kunci yang akan menghasilkan hasil tempura garing dan renyah ala restoran.

  2. Hampir semua yang bahan makanan yang bisa dibuat untuk tempura. Tempura udang adalah yang paling terkenal, daging ayam atau fillet ikan juga bisa digunakan. Untuk sayuran, coba paprika, brokoli, terong, jamur, ubi, hingga bawang bombay. Sajikan tempura dengan saus celup favorit Anda dan nikmati sebagai hidangan pembuka atau makanan ringan.

  3. Sebelumnya lapisi lapisi seafood atau sayuran dengan tepung serbaguna sebelum dicelupkan ke dalam adonan tempura. Hal ini akan membuat adonan menempel lebih baik.

  4. Setelah dilapisi, celupkan bahan yang akan digoreng ke dalam adonan dengan lembut tepung tempura. Gunakan bantuan sumpit untuk meniriskan sisa adonan tepung sebelum digoreng. Karena jika terlalu banyak adonan tepung yang menempel akan berisiko membuat bagian luar menjadi renyah dan bagian dalam yang lembek.

  5. Saat siap untuk menggoreng, pastikan minyak goreng Anda berada di antara 171 - 180 derajat celcius. Jika lebih tinggi, adonan akan terlalu renyah. Jika lebih rendah, tempura akan menyerap terlalu banyak minyak dan tidak akan cukup renyah.

  6. Setelah digoreng, sajikan segera dengan saus celup dan gali. Tempura bisa lembek jika didiamkan terlalu lama.

  7. Siapkan semua bahan yang akan goreng sebelum mencampurkan bahan adonan.

  8. Selalu saring tepung. Ini membuat tepung lebih ringan dan lebih mudah untuk dimasukkan ke dalam adonan saat dicampur.

  9. Untuk tempura yang renyah, gunakan air es sebagai pengganti air bersuhu ruang.

  10. Sebagai pengganti pengocok, gunakan sumpit untuk mengaduk bahan adonan tempura. Ini meminimalkan jumlah udara dalam adonan dan mengurangi risiko pencampuran berlebih.

  11. Panaskan minyak untuk menggoreng sebelum adonan tempura disiapkan untuk memastikan adonan paling dingin saat menyentuh minyak dan minyak sudah siap dan cukup panas untuk menggoreng.

  12. Saat menggoreng, jangan letakkan mangkuk adonan di atas kompor panas karena akan menjadi terlalu panas.

  13. Jangan menyiapkan adonan tempura beberapa waktu sebelumnya, karena tidak akan memberikan hasil terbaik.

© 2019 yukmakan channel