• Novi Amaliyah

Tips Praktis Membuat Kaldu Dari Tulang


Kaldu tulang bisa ditambahkan untuk berbagai masakan yang bisa menambah rasa, serta membuat sup, bubur atau sayuran tumis. Saya sering menambahkan percikan saat menumis sayuran atau membuat bubur. Kaldu tulang ini bisa disimpan dalam wadah kedap udara di lemari es selama 5-7 hari, atau membekukannya untuk digunakan lain waktu. Berikut tips praktis membuat kaldu dari tulang. Selamat mencoba.


  1. Untuk membuat kaldu dari tulang bisa menggunakan tulang sapi ayam maupun paduan keduanya. Simpan di dalam freezer jika belum akan digunakan.

  2. Masukkan tulang ke dalam panci besar dan pastikan seluruh bagian tulang terendam. Tambahkan sedikit cuka sari apel, dan didihkan di atas kompor dengan api besar.

  3. Sebagai pilihan, tambahkan pilihan berikut untuk nutrisi dan rasa tambahan seperti daun salam, kombu, garam laut, merica hitam, cabai kering utuh (atau taburan cabai merah yang dihancurkan), bumbu halus seperti sejumput kunyit, oregano, tangkai peterseli, beberapa siung bawang putih mentah (dikupas), atau sayuran cincang bawang bombay, wortel, seledri.

  4. Setelah air mendidih, kecilkan api dan masak selama 8 jam berikutnya (atau lebih lama jika waktu memungkinkan). Jika perlu bisa ditambahkan air. Untuk lebih praktis kamu bisa menggunakan slow cooker.

  5. Setelah 8 jam, saring kaldu. Perhatikan semakin besar tulang, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mengekstrak nutrisi secara menyeluruh.


© 2019 yukmakan channel