top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Tips & Trik Mengolah Tahu

Tahu merupakan salah satu sumber protein yang mudah diolah untuk dijadikan santapan lezat. Olahan dari kedelai ini mudah untuk dicari dan umumnya ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Tahu pun juga dikenal sehat, bergizi, dan punya banyak kandungan baik di dalamnya sehingga punya banyak manfaat positif bagi yang mengonsumsinya. Tahu pun sangat mudah dimasak dan akan jadi favorit semua orang. Berikut ini beberapa tips dan trik menarik saat mengolah tahu.



Tekstur Perkedel Tahu

Untuk tahu yang hendak dibuat menjadi perkedel, langkah pertama tahu harus dihancurkan terlebih dulu. Sedikit berbeda dengan perkedel dari kentang yang harus dihaluskan selembut mungkin, perkedel dari tahu jangan dihancurkan terlalu halus. Karena tekstur tahu yang hancurnya terlalu halus dan lembut kurang bagus untuk dibuat perkedel.


Goreng Tahu Dalam Minyak Panas

Saat hendak menggoreng tahu, pastinya minyaknya sudah dalam keadaan panas. Tujuannya agar tahu yang digoreng memiliki warna yang cantik dan merata. Selain itu, pada saat tahu sudah dalam keadaan dingin, tekstur bagian luar tahunya tidak keras.


Ukuran Tahu Menentukan Lama Digoreng

Olahan tahu goreng memang salah satu yang digemari dan paling praktis dibuatnya. Saat proses menggoreng tahu, ternyata waktu menggorengnya juga ditentukan dengan ukuran si tahu itu sendiri. Makin kecil ukuran tahu, maka makin sebentar waktu menggorengnya. Sebaliknya, semakin besar dan tebal tahunya, maka dibutuhkan waktu yang lebih lama.


Terus Diaduk Saat Digoreng

Saat menggoreng tahu dalam minyak, hendaknya tahu sering diaduk. Selain untuk mengurangi resiko tahu menjadi gosong, hal ini juga bisa menjadikan warna tahu lebih merata sempurna.


Diseduh dan Diberi Garam

Khusus untuk tahu goreng yang berkulit warna coklat, sebelum dimasak atau diolah ada baiknya diseduh terlebih dulu hingga bersih. Saat menyeduh menggunakan air panas, jangan lupa tambahkan sedikit garam di dalamnya. Penambahan garam ini memiliki tujuan agar citarasa dari tahunya akan terasa lebih gurih. Setelah air menjadi dingin, baru peras tahunya. Tahu pun bisa segera diolah atau dimasak.


Jenis Tahu Isi

Untuk membuat tahu kukus yang diisi, ada baiknya menggunakan jenis tahu yang tidak terlalu lembut. Gunakan tahu yang jenisnya lebih padat. Apabila menggunakan tahu yang jenisnya lembut untuk membuat tahu isi, maka hasilnya kurang maksimal karena jenis tahu yang seperti itu akan mudah hancur.

bottom of page