• Maria Yuliana Kusrini

Two Season Cake

Resep dibuat oleh Ermey Trisniarty, Dapur Cokelat


Bahan Almond Sponge:

215 gr Putih Telur

125 gr Mentega

195 gr Gula Pasir

100 gr Tepung Terigu Protein Sedang

100 gr Dark Cooking Chocolate, cairkan

90 gr Kuning Telur

40 gr Tepung Almond

33 gr Cokelat Bubuk

1,5 gr Garam


Bahan Dark Mousse:

200 gr Dark Cooking Chocolate

200 gr Krim Cair


Bahan White Mousse:

195 gr White Cooking Chocolate

195 gr Krim Cair, kocok hingga setengah mengembang

4 gr Gelatin

36 ml Susu Cair

8 ml Air Dingin


Bahan Ganache Topping:

250 gr Dark Cooking Chocolate

215 gr Krim Cair

50 gr Mentega



Cara Membuat:

  1. Untuk membuat Almond Spongenya, Kocok mentega, 110 gr gula pasir, dan garam dengan kecepatan sedang sampai mengembang dan halus. Masukkan kuning telur sedikit demi sedikit ke dalamnya, aduk perlahan sampai tercampur rata. Masukkan dark cooking chocolate ke bagian atasnya. Sisihkan. Kocok putih telur dan 85 gr gula pasir dengan menggunakan kecepatan tinggi hingga menjadi meringue. Kemudian campurkan adonan meringue ini dengan adonan sebelumnya. Sisihkan. Campurkan tepung terigu dan cokelat bubuk, ayak lalu campurkan dengan tepung almond. Lalu Masukkan campuran tepung ini ke dalam adonan sebelumnya, aduk sampai semuanya tercampur rata. Masukkan adonan dalam loyang dan panggang dengan suhu 190°C selama 60 menit. Angkat dan sisihkan.

  2. Untuk membuat dark moussenya, kocok krim cair dengan menggunakan kecepatan sedang hingga mengembang tidak terlalu kaku. Panaskan dark cooking chocolate dengan cara ditim hingga mencair. Masukkan cokelat yang masih hangat ke dalamkrim cair yang sudah dikocok tadi. Sisihkan.

  3. Untuk membuat white moussenya, campurkan gelatin dengan air dingin, aduk rata. Lalu panaskan gelatin dengan cara ditim, lalu masukkan gelatin ini ke dalam kocokan krim, sisihkan. Masak susu cair dengan cara ditim, tambahkan dengan white cooking chocolate cincang, aduk rata menggunakan ballon whisk. Kemudian campurkan adonan cokelat ini dengan adonan krimnya, aduk sampai semuanya tercampur rata. Sisihkan.

  4. Untuk membuat ganache toppingnya, masak krim cair sampai dengan suhu 80°C. Masukkan dark cooking chocolate yang sudah dicincang dan ditim dengan suhu 30°C, aduk menggunakan ballon whisk hingga larut. Tambahkan mentega, aduk sampai rata hingga mencair, aduk rata menggunakan spatula. Sisihkan.

  5. Potong almond sponge menjadi 3 bagian, letakkan dalam ring. Ratakan 350 gr dark mousse menggunakan palette di atas almond sponge lapisan 1, lalu letakkan almond sponge lapisan 2 di atasnya. Ratakan lagi dengan 350 gr white mousse di bagian atasnya. Lalu tambahan lagi dengan almond sponge lapisan 3.

  6. Simpan di dalam freezer minimal 3 jam.

  7. Tuang 175 gr ganache topping di atas permukaan almond sponge hingga rata. Simpan dalam lemari pendingin hingga ganache mengental.

  8. Two Season Cake siap disajikan.


Resep diambil dari Buku 'Dapur Cokelat Bercerita'.