• Novi Amaliyah

Viral Selama Pandemi, Darimana Dalgona Coffee Berasal


Selama pandemi virus Corona yang melanda dunia, imbauan untuk tinggal di rumah membuat orang-orang terjun ke dapur untuk memasak . Mulai dari sekedar mengatasi kebosanan tapi ada juga yang karena terpaksa harus memasak di rumah. Dan ternyata selama di masa pandemi seperti sekarang ini, Dalgona Coffee menjadi viral dan paling banyak dicari, orang-orang dari seluruh dunia jadi berlomba-lomba untuk membuatnya. Penasaran bagaimana awal minuman satu ini berasal dan jadi viral?


Dalgona Coffee menjadi viral setelah aktor Korea Jung II-Woo dalam acara televisi Pyunstorang pada bulan Januari dimana dia jalan-jalan ke Makau dan mencoba minuman kopi kocok. Karena citarasanya yang mirip dengan permen sponge khas Korea, Dalgona diapun menjulukinya sebagai Dalgona Coffee.


Tak hanya ada di Makau, minuman ini juga bisa ditemukan di India dan Pakistan yang dikenal sebutan Phenti Hui Coffee atau whipped coffee yang juga dikenal dengan kopi kocok dengan cream. Sejak itu minuman ini menjadi viral dan banyak dibuat dan diunggah di berbagai platform media sosial.


Di Korea sendiri, permen Dalgona sebenarnya terbuat dari gula dan soda kue dan masih dijual di jalan-jalan di daerah wisata Korea Selatan. Permen sponge ini berbentuk lollipop bulat dengan berbagai bentuk sesuai cetakan. Jika berhasil memakan bagian pinggiran tanpa merusak bentuknya, penjual biasanya akan memberikan kamu permen lain secara cuma-cuma.


Dalgon Coffee sendiri terbuat dari paduan kopi instan, gula, air panas dan susu yang kemudian dikocok hingga kental yang menjadi frosting di atas susu segar. Citarasa kopi dan susu menyatu sempurna, paduan kopi dan susu memang tidak pernah gagal. Kamu juga bisa berkreasi sendiri dengan menambahkan taburan cocoa powder atau kayu manis untuk menambah citarasa dan aroma. Penasaran untuk membuatnya?

© 2019 yukmakan channel