© 2019 yukmakan channel

  • Maria Yuliana Kusrini

Wedang Uwuh, Minuman Hangat Khas Imogiri Yogyakarta

Wedang uwuh merupakan salah satu jenis minuman yang memiliki nama unik dengan penyajikan sekaligus citarasa yang juga unik. Rasa hangat dengan aroma rempah nan khas langsung terasa di seruputan pertama. Minuman khas Tanah Jawa ini pun menjadi salah satu minuman warisan asal Imogiri, Yogyakarta.


Penamaan ‘wedang uwuh’ sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti ‘minuman sampah’. Kata wedang memiliki artian minuman, sedangkan uwuh berarti sampah. Penamaan ini disesuaikan dengan penampakannya yang memang menyerupai tumpukan sampah. Itu karena adanya penggunaan dedaunan kering, hingga kayu atau batang kering.


Wedang uwuh ini biasanya diseduh menggunakan air panas. Ketika diseduh, airnya akan menjadi berwarna kemerahan yang berasal dari penggunaan kayu secang. Selain terdapat kayu secang, wedang uwuh ini juga menggunakan jahe, daun cengkeh, batang cengkeh, bunga cengkeh, daun kayu manis, hingga daun pala. Sebagai pemanisnya, wedang jahe ini menggunakan gula batu, bukan gula pasir.


Penggunaan bahan alami dan aneka rempah sebagai komposisinya, hingga menjadikan minuman ini memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Jahenya yang menghangatkan, dapat menghalau masuk angin, sakit tenggorokan, dan berbagai jenis penyakit lainnya. Begitu pula dengan berbagai bahan lainnya yang digunakan juga memiliki berbagai khasiat positif lainnya bagi tubuh.