• Novi Amaliyah

Tips Membuat Chocolate Ganache Lembut dan Halus


Chocolate ganache biasanya digunakan untuk menghias cake atau sebagai isian filling cake. Beberapa resep menggunakan telur atau butter ada juga yang hanya memadukan dengan heavy cream. Kamu juga bisa menambahkan liquour seperti brandy, cognac untuk memberikan aroma chocolate ganache menjadi lebih nikmat atau hanya cukup dengan vanilla extract.


Karena menggunakan paduan cream, butter atau telur terkadang sulit mendapatkan terkstur chocolate ganache yang halus dan lembut. Berikut tips untuk membuat chocolate ganache bertekstur halus dan lembut.


1. Jika akan menggunakan chocolate ganache sebagai siraman untuk menghias permukaan cake atau cupcake, biarkan chocolate ganache biarkan dingin pada suhu kamar selama sekitar dua jam pertama. Atau jika akan membuat truffle, dinginkan ganache di lemari es sampai keras.


2. Untuk mendapatkan hasil yang lebih halus, tambahkan krim ke cokelat leleh sedikit demi sedikit, campur hingga benar-benar tercampur dan kemudian tambahkan lagi hingga semua krim tercampur rata.

3. Gunakan cokelat 70% karena cokelat satu ini sangat ideal untuk membuat ganache. Persentase pada cokelat mengacu pada jumlah kakao dalam cokelat, dan kandungan yang lebih tinggi ada pada dark chocolate. Cokelat 70% akan memiliki rasa yang dalam dan kaya tanpa pahit.

4. Untuk krim, pastikan untuk menggunakan krim heavy cream, yang memiliki butterfat 36 hingga 40 persen. Gunakan lebih banyak krim untuk ganache yang lebih lembut, atau lebih sedikit untuk membuatnya lebih kaku. Rasio yang diberikan di sini akan menjadi konsistensi yang tepat untuk kue icing atau untuk membuat truffle.


© 2019 yukmakan channel