• Novi Amaliyah

10 Makanan Kaya Antioksidan Ini Baik Untuk Kulit



Makan makanan yang kaya akan makanan antioksidan tidak hanya baik untuk kesehatan tetapi juga bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Anggap saja sebagai salah satu langkah perawatan kulit dari dalam. Radikal bebas yang dibentuk oleh kerusakan oksidatif dapat mempercepat proses penuaan. Mengonsumsi makanan kaya antioksidan dapat membantu mengatasi kerusakan yang disebabkan oleh polusi, stres, atau pola makan yang buruk. Asupan vitamin C, beta-karoten, dan antioksidan lain yang tinggi banyak dikaitkan dengan berkurangnya kerutan dan kekeringan pada kulit.


Berikut adalah antioksidan utama yang terkandung didalam makanan seperti Vitamin C (asam askorbat) dalam buah dan sayuran segar. Vitamin E (tokoferol, tokotrienol) berasal dari minyak nabati, kacang-kacangan, mangga, brokoli. Vitamin A bisa didapatkan dari wortel, ubi jalar, susu, telur.


Antioksidan polifenol (resveratrol, flavonoid) dari teh, kopi, buah, minyak zaitun, cokelat, kayu manis dan anggur merah. Karotenoid (likopen, karoten, lutein) bisa didapatkan dari buah, sayuran segar dan telur. Selain nikmat makanan ini juga bisa dipadukan dengan hapir setiap makanan. Berikut makanan kaya antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Berry Smoothies

Buah keluarga berry seperti stroberi, blueberry, blackberry, raspberry, cranberry menjadi salah satu makanan antioksidan tertinggi, rasanya yang nikmat juga tak akan membuat kamu bosan jika harus mengonsumsinya setiap hari. Nikmati buah-buahan ini dengan yogurt atau susu.


Delima

Buah ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam banyak produk perawatan kulit karena antioksidan dan khasiatnya sebagai buah yang mengandung zat anti-penuaan yang tinggi. Delima kaya akan vitamin C dan B5, kalium dan antioksidan polifenol. Jus buah delima sangat tinggi antioksidan, lebih tinggi dari anggur merah, teh hijau, dan blueberry liar.

Teh Hijau

Walaupun teh hijau dapat mengandung kafein , teh hijau kaya akan polifenol katekin, yang merupakan antioksidan kuat. Satu cangkir teh hijau menyediakan 10-40 mg polifenol dan memiliki efek antioksidan lebih besar daripada seporsi brokoli, bayam, wortel, atau stroberi

Apel Merah

Apel merah memiliki kandungan antioksidan yang lebih dibanding apel jenis lain. Sumber utama antioksidan dalam apel adalah polifenol, yang lima kali lebih banyak ditemukan pada kulit apel daripada pada daging. Itulah salah satu alasan bagus untuk membeli apel organik dan memakan apel bersama kulitnya.


Red Wine

Red wine mengandung antioksidan yang kuat, yang disebut resveratrol, jadi menikmatinya dalam jumlah sedang tidak lebih dari satu gelas sehari akan menambah tambahan antioksidan yang baik.


Dark Chocolate

Pada tahun 2003, New Scientist melaporkan bahwa makan dark chocolate dapat meningkatkan kadar antioksidan, tetapi hal yang sama tidak berlaku untuk milk chocolate. Dark chocolate kaya akan epicatechin, sejenis antioksidan yang dikenal sebagai flavonoid. Dalam sebuah penelitian yang disebutkan, mereka yang makan dark chocolate memiliki peningkatan kadar antioksidan dalam plasma darah 20% dibandingkan mereka yang makan milk chocolate atau minum susu dengan cokelat mereka.


Bawang putih

Satu siung bawang putih mengandung vitamin A, B, dan C, selenium, yodium, potasium, zat besi, kalsium, seng dan magnesium. Terlepas dari perannya sebagai makanan antioksidan yang kuat, bawang putih juga berguna untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol, menghilangkan logam berat dari tubuh, dan bertindak sebagai agen antijamur dan antivirus.


Yogurt

Yogurt bisa jadi Ini menu makanan sarapan yang luar biasa bisa mencampurnya dengan biji chia dan buah-buahan yang ditambahkan ke smoothie berry atau dimakan sebagai makanan penutup yang sehat sebagai pengganti es krim. Yogurt melengkapi antioksidan glutathione dalam sel-sel tubuh kita, memberikan rangsangan untuk aktivitas antioksidan dalam tubuh. Yogurt juga kaya akan riboflavin, vitamin B yang penting.


Tomat

Salah satu buah yang termasuk juga dalam keluarga sayuran ini adalah salah satu yang paling serbaguna. Tomat merupakan salah satu sumber lycopene terkaya di alam, salah satu antioksidan terkuat. Likopen membutuhkan lemak untuk penyerapan optimal, jadi memadukan tomat dengan minyak zaitun akan meningkatkan kadar likopen. Sebaiknya pilih tomat organik yang bebas pupuk kimia.


Brokoli Dan Ubi Jalar

Ini adalah makanan yang mengandung antioksidan paling tinggi, yang berguna bagi tubuh. Brokoli mengandung lebih banyak vitamin C dan kalsium daripada jeruk dan susu. Ubi jalar merupakan sumber beta-karoten yang kaya dan vitamin A. Pastikan tidak terlalu matang karena akan merusak nutrisinya.

© 2019 yukmakan channel