• Novi Amaliyah

3 Kudapan Ringan Khas Belanda di Dutch Kitchen


Sedikit banyak kuliner Belanda memberikan pengaruh pada kekayaan kuliner di Indonesia.

Negeri yang terkenal dengan julukan negeri kincir ini punya beberapa makanan ringan yang tak kalah enak.

Untuk kamu yang ingin mencoba kudapan ringan khas Belanda kamu bisa mencoba menyambangi gerai 5 Dutch Kitchen yang tersebar di beberapa wilayah di Jakarta atau melalui layanan pesan antar makanan online. Ada tiga kudapan ringan rekomendasi yang bisa kamu coba antara lain


Bitterbalen

Salah satu makanan ringan dari Belanda satu ini cukup populer dan sering ditemui di Indonesia. Bitterballen merupakan camilan yang terbuat dari bahan dasar daging, tepung terigu, bubuk pala, daun parsley cincang, garam, dan merica. Kemudian adonan ini dibentuk bulat dan dilapisi tepung roti kemudian digoreng. Di Dutch Kitchen, kamu bisa memilih beragam Bitterbalen dengan isian yang berbeda antara lain isian Chicken Cheese Ballen, Smoke Beef, Cheese Ballen, Mushroom Bitterballen hingga Real Beef Bitterballen. Selain itu ada juga pilihan Bitterballen berisikan Mozarella. Di sini Bitterbalen disajikan dengan makanan pendamping seperti golden finger, sejenis nugget juga dengan kentang goreng. Tak ketinggalan saus pendamping (seperti nugget) hingga kentang goreng serta spicy bolognese, spicy maybe, cheesy chiz, hingga smokeyBBQ. Untuk harganya mulai dari Rp 25.000,-.


Patatje Oorlog/Kentang Goreng Perang

Meskipun kentang goreng sering disebut berasal dari Perancis atau Belgia, Belanda juga terkenal dengan olahan Kentangnya. Orang Belanda menamai Kentang Goreng versi mereka dengan nama Patatje Oorlog atau Kentang Goreng Perang. Nama unik ini didasari oleh banyaknya toping yang dipadukan di dalamnya layaknya perang. Sedikit berbeda dengan nama di Belanda, di Dutch Kitchen dinamai Loaded Fries yang berisi kentang goreng, tortilla chips, saus mayonaise, dan parsley. Sama seperti Bitterballen, kamu bisa memilih 4 varian saus seperti spicy bolognese, spicy maybe, cheesy chiz,hinggasmokey BBQ yang bisa dinikmati dengan harga mulai dari Rp20.000.


Macaroni Schotel

Beberapa sumber menyebutkan bahwa Schotel erat kaitannya dengan kata Schaal yang dalam bahasa Belanda berarti wadah atau mangkok. Oleh karena itu, Macaroni Schotel bisa diartikan hidangan makaroni yang disajikan dalam wadah. Dutch Kitchen menamai Macaroni andalannya dengan Mac n Cheese yang dibanderol dengan harga Rp 36.000,-.