• Maria Yuliana Kusrini

3 Olahan Nasi Spesial di Pekalongan

Pekalongan menjadi sebuah kota yang terkenal dengan batiknya. Salah satu kota kecil di Jawa Tengah ini punya banyak pesona yang mungkin tak banyak orang tahu. Urusan kuliner salah satunya. Di salah satu hotel berbintang, bernama Horison Pekalongan ada banyak hidangan tersaji. Mulai dari aneka hidangan Indonesia, Chinese, Western, hingga aneka camilan serta jajanan pasar.

Sajian khas Nusantara yang ditawarkan di sini unik dan khas. Untuk pecinta olahan nasi, setidaknya bisa memesan 3 sajian spesial yang bisa dipesan di sana. Yakni Nasi Megono Campur Urap, Nasi Panggang Ikan Pe, dan Nasi Bakar Kendil Mix. Jika tidak menemukannya di buku menu, mungkin kalian bisa request terlebih dulu ya.


Nasi Bakar Kendil Mix

Menu yang satu ini unik sekali. Nasi berbumbu yang dicampur dengan aneka lauk yang sudah dipotong kecil (ayam, ikan tongkol, daging sapi) itu disajikan dalam kendil tanah liat kemudian dibakar. Sensasi yang didapatkan saat menikmati hidangan ini, adalah menemukan nasi berkerak di bagian bawahnya. Tekstur agak kriuk di bagian bawah ditambah aroma nasi yang wangi pun makin membuatku tak bisa berhenti memakannya. Nasi ini tidak hadir sendirian, karena ada kondimen pendamping, yakni kering teri/ikan wader, krupuk, lalapan, dan sambal terasi. Untuk yang kurang suka lauk mix, dapat memesan sesuai selera. Misalnya Nasi Bakar Kendil Ayam, Nasi Bakar Kendil Sapi, dan lainnya. Nasi ini porsinya cukup banyak, bisa untuk 2 orang.


Nasi Panggang Ikan Pe

Ikan pe atau ikan pari menjadi lauk utama pada sajian ini. Ikan yang telah dibumbui kemudian ditumis hingga bumbunya meresap sempurna, setelahnya baru ikan dipanggang. Ikan pe itu memiliki aroma yang sangat khas dengan citarasa enak. Ikannya bersanding dengan nasi berwarna kekuningan yang berasal dari penggunaan serundeng kelapa yang dimasak dengan kunyit. Nasi Serundeng Kleting Kuning itu nama yang diberikan oleh si chefnya. Rasa nasinya perpaduan dari rasa gurih dan asin, cocok dinikmati dengan si ikan pe. Sayur Pencak yang disajikan dalam wadah kulit lumpia makin menyempurnakan sajian ini. Sayurannya terdiri dari kol, kacang panjang, dan sawi sendok yang kemudian dimasak dengan menggunakan bumbu bawang putih, cabai rawit, serta jeruk limau. Sayur Pencak ini memiliki perpaduan rasa asam dan pedas dengan rasa bawang putih yang sangat kuat.

Nasi Megono Campur Urap

Nasi Megono merupakan salah satu nasi khas Pekalongan. Jadi belum lengkap rasanya jika sudah datang ke Pekalongan tapi belum mencicipi nasi khasnya. Meskipun menjadi hidangan tradisional, tapi Nasi Megono di Bengawan ini ditampilkan dengan gaya Western. Nasi Megono yang merupakan campuran nasi putih, ikan tongkol berbumbu, irisan nangka muda, dan aneka rempah itu disandingkan dengan beberapa lauk sekaligus. Mulai dari ayam goreng/bakar, tahu dan tempe goreng, sambal terasi matang serta sayur urap.


Hotel Horison Pekalongan

Jl. Gajahmada No. 11A, Pekalongan

0285 – 4499000

© 2019 yukmakan channel