• Maria Yuliana Kusrini

3 Tips Jitu ala Paxel Bagi UMKM Kuliner

Paxel sebagai salah satu perusahaan logistik berbasis teknologi yang juga menyediakan layanan ekosistem digital di Tanah Air, memberikan tips menarik untuk UMKM Kuliner. Khususnya di moment menjelang akhir tahun seperti saat ini, dengan dihadirkannya tips menarik ini diharapkan para pelaku UMKM Kuliner dapat meraih pemasukan yang lebih besar dari biasanya.


Setidaknya ada 3 tips atau ide kreasi menu yang bisa coba dilakukan oleh para UMKM untuk dapat meningkatkan omzetnya di akhir tahun. Yakni modifikasi modern, asli Indonesia, dan inspirasi Korea.


1. Modifikasi Modern

Tips ini bisa dilakukan dengan cara memodifikasi menu tertentu sehingga memiliki tampilan yang lebih modern. Tujuannya, menjadikan menu itu terlihat lebih menarik dan berbeda dari tampilan pada umumnya. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan modifikasikan trend menu sandwich yang sedang menjamur versi Indonesia. Coba saja gunakan empal suwir sebagai isian sandwich atau olahan dendeng balado untuk citarasa yang lebih berani. Lalu, jadikan produk ini sebagai hampers DIY berisi roti, daging frozen, beserta sausnya.


2. Asli Indonesia

Jangan pernah ragu dan pesimis untuk bisa menghadirkan menu atau sajian asli Indonesia. Misalnya saja minuman jamu bisa dikreasikan menjadi sesuatu olahan yang berbeda dari biasanya. Olah minuman jamu menjadi produk es krim atau es segar, lalu kemas dalam wadah yang aman untuk bisa dikonsumsi di perjalanan. Paketkan es krim jamu itu dengan minuman jamu. Jangan lupa untuk membuat tema kemasan khas Indonesia supaya terlihat lebih menarik.

3. Inspirasi Korea

Tak dipungkiri jika demam Korea terus melanda. Termasuk juga dengan ragam kulinernya yang begitu diidam-idamkan oleh masyarakat kita. Nah, kita pun bisa berkreasi dengan menghadirkan aneka jajanan ala Korea seperti Hotteok atau pancake isi, Gyeranppang atau roti telur, hingga corn dog. Berbagai olahan itu tidak memerlukan penanganan ekstra untuk pengiriman luar kota. Namun, pastikan menu-menu itu dikemas dengan tampilan khas K-pop yang memikat.


Sampai saat ini, bisnis frozen food terus melonjak. Bahkan bisa diprediksi hingga beberapa tahun ke depan akan terus meningkat dan begitu menjanjikan. Paxel sendiri mencatat pertumbuhan pengiriman makanan hingga bulan Oktober 2021 ini mengalami peningkatan lebih dari 2 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Dan pengiriman frozen food, per kuartal meningkat lebih dari 10%. Melalui distribusi seperti yang dilakukan Paxel dan GoSend Intercity ini pun, UMKM bisa memperluas pasar dengan lebih nyaman tanpa harus memikirkan extra cost dan operasional.


“Trend positif ini juga didukung oleh jaringan cold-chain dari hulu ke hilir yang dimiliki Paxel dalam bentuk freezer dan chiller, cold truck, hingga fitur termometer untuk paket frozen yang bisa dipantau via aplikasi. Tak hanya menjamin paket frozen akan sampai dalam kondisi beku, utuh, dan aman, Paxel juga memberikan Jaminan Makanan Aman(JMA) dalam bentuk penggantian makanan yang sama atau bernilai sama dengan cepat. Sebagai pelopor last mile cold-chain delivery dalam kota dan antarkota, kami telah melayani paket lebih dari 1 juta UMKM di Indonesia serta memperkuat partner seperti GoSend dengan servis GoSend Intercity. Kami juga bertekad memajukan perekonomian UMKM Indonesia,” ujar Rezka Ilhamsyah, EVP Growth & Marketing Paxel.