© 2019 yukmakan channel

  • Novi Amaliyah

4 Langkah Menyimpanan dan Mengolah Makanan Beku Yang Baik


Penyimpanan produk makanan terkadang membutuhkan perlakuan khusus. Beda bahan makanan, beda juga cara penyimpanananya. Produk makanan olahan berbahan daging seperti sosis, nugget adalah beberapa dari makanan yang harus disimpan dalam freezer dengan suhu tertentu agar kualitasnya tetap terjaga.


Sebelum dimasak produk-produk makanan beku ini biasanya harus melewati proses thawing. Thawing adalah proses mencairkan makanan beku sebelum diproses dengan menggoreng atau proses memasak lainnya. Metode ini akan memudahkan makanan olahan untuk dimasak dan kualitasnya tetap terjaga baik. Proses thawing bisa dilakukan dengan beberapa cara. Misalnya dengan memindahkan produk dari freezer ke rak lemari pendingin. Bisa juga dengan membilas di bawah air mengalir (untuk daging segar), bisa juga kemasakan diletakkan pada suhu ruang. Yuk simak tips praktis menyimpan makanan beku yang baik.


1. Pastikan suhu temperatur dalam freezer sesuai dengan suhu yang disarankan dalam kemasan.

2. Setelah membuka kemasan makanan olahan, ambil secukupnya untuk diproses masak selanjutnya.

3. Hindari makanan olahan beku yang sudah dithawing kemudian dibekukan kembali. Karena ini akan merusak kualitas produknya.

4. Bisa juga menyimpan kemasan makanan olahan beku yang sudah dibuka ke dalam wadah kedap udara sebelum disimpan ke dalam freezer. Jika ada bahan makanan lainnya yang berbau menyengat di dalam freezer.