top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

4 Telur Asin Khas Brebes yang Wajib di Coba!

Brebes merupakan sebuah kota atau kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah. Brebes sendiri dikenal sebagai penghasil bawang merah. Selain itu, produk khas Brebes lainnya yang begitu diminati pelancong saat melewati wilayah ini adalah telur asin. Saat melakukan perjalanan dari Jawa Tengah menuju Jawa Barat atau sebaliknya, di sepanjang jalan Pantura pasti akan banyak menemukan berderet-deret pedagang yang terlihat menjajakan telur asin maupun bawang merah. Dan sari sekian banyak pilihan telur asin yang ada di Brebes, berikut empat merek atau toko yang bisa dikunjungi.


Telur Asin HTM Jaya

Telur Asin HTM Jaya merupakan salah satu kedai yang menjual telur asin dan oleh-oleh lainnya. Nama HTM sendiri diambil dari singkatan nama pendiri sekaligus pemiliknya, Yakni Hj. Taripan Mukmin. Telur Asin HTM ini merupakan hasil produksi sendiri. Citarasa telur asinnya memiliki tingkat asin yang pas di lidah alias tidak terlalu asin. Telurnya pun tidak terasa amis, teksturnya masir atau berbutir seperti pasir, dan bagian kuning telurnya agak berminyak. Telur asin yang ditawarkan HTM antara lain telur asin rebus, teluar asin asap, dan telur asin mentah. HTM yang kini dikelola oleh generasi kedua ini menempati lokasi strategis di tepi jalan Raya Pantura. Harga telur asin yang ditawarkan di sini juga sangat bersahabat dan bersaing dengan harga di tempat lainnya.

Jl. P. Diponegoro No. 92, Brebes

082314942680


Telur Asin Tjoa

Ada pilihan toko telur asin dan oleh-oleh lain yang bisa dijumpai di pinggir jalan Raya Pantura, Brebes. Telur Asin Tjoa salah satunya. Dipegang oleh generasi kedua dan ketiga, telur asin yang ditawarkan di sini juga merupakan hasil produksi sendiri. Pilihan telur asinnya ada yang direbus, dibakar atau dipanggang, dan juga diasap. Selain menyediakan telur asin, pengunjung yang datang ke tempat ini juga bisa memesan produk lainnya, seperti bawang merah goreng, aneka keripik, kerupuk, hingga camilan khas Brebes lainnya.

Jl. P. Diponegoro No. 268, Brebes

0283 - 671419


Telur Asin Idolaku

Ada juga merek telur asin bernama Idolaku. Di tempat satu ini mengklaim diri sebagai penjual telur asin madu. Sehingga pengunjung yang datang akan menjumpai olahan telur asin istimewa yang berbeda dengan telur di tempat lain. Telur asin madu sendiri, bukan berarti telurnya diolah menggunakan tambahan madu atau citarasa telur asinnya yang semanis madu. Melainkan, warna pada telur asinnya memiliki rona dan warna yang cantik seperti warna madu. Telur asinnya pada bagian kuningnya juga memiliki rasa yang tidak terlalu asin. Idolaku ini menawarkan beragam olahan telur asin, seperti Telur asin Rebus, Telur Asin Bakar, Telur Asin Asap, dan juga Telur Asin Asap Bawang. Selain telur asin, Idolaku juga menawarkan Bawang Goreng, Kerupuk Telur Asin, aneka sambal, teh, dan lainnya.


Telur Asin Yes Ojo Kelalen

Wisatawan atau masyarakat Brebes tentu sudah tak asing dengan toko oleh-oleh yang satu ini. Selain tokonya yang memang memiliki ukuran besar, ragam produk yang ditawarkan di sini juga sangat banyak dan variatif. Sehingga wajarlah jika Telur Asin Yes ini pun selalu terlihat ramai dan dijadikan pilihan para wisatawan saat mencari oleh-oleh di Brebes. Tak hanya terbatas pada produksi telur asin dan bawang merah goreng saja, di sini juga banyak pilihan camilan atau jajanan khas lainnya.



Comentarios


bottom of page