top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

6 Biji Kopi Pilihan Terbaik Strada Coffee

Strada Coffee terus konsisten menghadirkan pilihan kopi terbaik dan berkualitas Tanah Air. Sesuai dengan misinya, Strada Coffee ingin membawa dan menyuguhkan speciality coffee Nusantara terbaik, mulai dari Sabang hingga Merauke. Pilihan kopi yang digunakan didominasi jenis Arabica yang diseleksi secara ketat dan melewati proses yang cukup panjang. Setidaknya ada 6 biji kopi unggulan yang wajib dijajal saat berkunjung ke Strada Coffee.



Di wilayah Jakarta sendiri, Strada Coffee menempati lokasi di La Piazza, Summarecon Kelapa Gading, Jakarta Utara. Pengunjung yang datang ke outlet ini akan menjumpai area yang nyaman dan menyenangkan. Tak hanya suasananya yang menarik, pengunjung juga akan dimanjakan dengan suguhan kopinya yang nikmat. Setidaknya ada 6 biji kopi yang siap memanjakan lidah setiap penikmati kopi. Ke-6 biji kopi itu antara lain Papua Baliem, Gayo Takengon, Bali Kintamani, Toraja Sapan, Flores Bajawa, dan Java Robusta. Setiap biji kopi itu diambil dari perkebunan lokal langsung yang dipilih dan disortir sendiri oleh Evani selaku founder dan owner dari Strada Coffee.


Papua Baliem

Kopi ini berasal dari Tanah Papu, tepatnya dari kawasan Lembah Baliem. Wilayah ini memang dikenal akan hasil kopi Arabica terbaik. Tanaman kopinya tumbuh di ketinggian 1.600-1.800 mdpl dimana ketinggian itu sangat ideal untuk tumbuh kembang tanaman kopi. Kopi Papua Baliem ini diproses secara full washed dan organik. Ketika dijadikan minuman kopi, citarasa haleznut, kismis, dan susu cokelat akan tercecap di lidah.

Gayo Takengon

Kopi asal Gayo Aceh memang juga sudah dikenal akan citarasanya yang sedap di lidah. Strada Coffee pun memiliki pilihan biji kopi asal Aceh yang juga menarik untuk dijajal. Biji kopi ini berasal dari tanaman kopi yang tumbuh di ketinggian 1.200-1.600 mdpl. Diproses secara full washed, kopi ini pun sukses menghadirkan sensasi rasa teh hitam, vanilla, dan juga rempah.

Bali Kintamani

Pulau Dewata Bali juga diam-diam dikenal akan hasil kopinya yang begitu luar biasa. Kopi istimewa asal Bali ini begitu istimewa karena ditanam oleh petani lokal di kawasan bernama Kintamani yang ada di lereng Gunung Batur. Kopi Arabica di sini tumbuh dengan baik dengan tanaman di ketinggian antara 1.200-1.600 mdpl. Biji kopi ini pun diproses secara natural yang selaras dengan pedoman hidup masyarakat Bali. Kopi Bali Kintamani ini pun menghadirkan sensasi rasa unik yang menghadirkan rasa fruity, seperti belimbing, buah beri, hingga teh hitam aroma melati.


Toraja Sapan

Kopi asal Toraja satu ini juga tak kalah istimewanya dengan biji kopi dari wilayah Indonesia lainnya. Biji kopi ini berasal dari tanaman kopi yang tumbuh di ketinggian 1.400-2.100 mdpl. Perkebunannya ada di lereng Gunung Sesean yang akrab disebut sebagai negri di atas awan. Kopi Toraja ini menghadirkan aroma floral atau bunga yang begitu menonjol. Itu karena tanamannya yang hidup di area tinggi atau jenis tanah andosol. Ketika diseruput, akan ada sensasi jeruk mandarin, rose tea, dan rasa karamel yang menggelitik lidah.

Flores Bajawa

Kopi Flores Bajawa ini dipanen dari tanaman yang tumbuh di ketinggian 1.300-1.800 mdpl. Kopi yang tumbuh di sekitaran Gunung Inerie yang terletak di darah Bajawa ini memiliki kualitas yang baik. Itu karena karakter tanahnya khas tanah gunung berapi yang sangat subur dan ideal untuk tanaman kopi jenis arabica organik. Kopi yang dihasilkannya pun mampu menghasilkan citarasa unik dan istimewa. Untuk kopinya sendiri memiliki sensasi rasa dan aroma buah apel hijau, tea rose honey, serta hazelnut yang harum dan gurih.


Java Robusta

Tanah Jawa juga memiliki hasil kopi yang tak kalah istimewanya dengan daerah lainnya. Untuk biji kopi dari pulau Jawa yang digunakan Strada Coffee berupa jenis kopi robusta. Memang ini agak berbeda dengan jenis kopi dari daerah lainnya yang lebih berjenis arabica. Kopi Java Robusta yang digunakan Strada Coffee ini berasal dari daerah Gunung Kelir yang berlokasi di daerah Temanggung, Jawa Tengah. Kopi robusta ini begitu spesial karena dipetik merah dan melalui proses full washed. Karena itulah, maka mampu menghasilkan rasa kopi yang bersih dengan sensasi rasa cokelat dan kacang. Kopi Java Robusta ini ditanam di ketinggian tanah antara 800-1.000 mdpl.



Comments


bottom of page