top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

6 Tenant di Fase 1 FKS 2023 yang Dikurasi Yukmakan

Festival Kuliner Serpong (FKS) 2023 menawarkan konsep pameran kuliner yang menarik untuk dikunjungi. Tahun ini hadir berbeda karena periode waktunya yang berlangsung lebih lama dan dibagi menjadi dua fase. Tak hanya itu saja, tahun ini pun Yukmakan turut terlibat dalam kurasi atau proses pencarian tenant yang bergabung di FKS. Untuk fase 1 sendiri berlangsung antara 16 Agustus hingga 10 September 2023 yang menghadirkan deretan kuliner khas Banten hingga Jawa Barat. Khusus di fase ini, Yukmakan membawa 6 tenant kuliner khas Nusantara yang menawarkan hidangan lezat nan menggugah selera.



Untuk tenant pertama, dibawa langsung dari Serang Banten, yaitu Rabeg Khas Serang H. Naswi. Sesuai namanya, hidangan yang ditawarkan oleh tenant ini ada hidangan khas Serang Banten, yakni rabeg. Menu khas itu berupa olahan daging kambing yang dimasak dengan aneka bumbu dan disajikan bersama kuah berwarna gelap. Sensasi rasa gurih, sedikit manis dan pedas akan langsung terasa di suapan pertama saat menyantap seporsi rabeg. Pengunjung FKS yang belum pernah menjajal rabeg, bisa langsung mencicipi kreasi rabeg ala H. Naswi yang begitu otentik dan menghadirkan citarasa lezat di lidah. Seporsi rabeg di tenant ini ditawarkan dengan harga Rp 40.000,- per porsi dengan pilihan Rabeg Kambing dan Rabeg Sapi. Sedangkan untuk pengunjung yang ingin memesan paket lengkap, bisa pilih Paket Nasi Rabeg Kambing/Sapi seharga Rp 45.000,- per paketnya.



Berikutnya ada tenant Mie Tiga asal Bandung. Pengunjung FKS yang mampir ke tenant ini akan menemukan olahan mi ayam yang lezat dan membangkitkan selera makan. Ada beberapa pilihan menu yang ditawarkan Mie Tiga selama FKS ini berlangsung. Menu itu antara lain Bakmi Asin Ayam Biasa, Bakmi Manis Ayam Biasa, Bakmi Asin Ayam Rica, Bakmi Manis Ayam Rica, Bakso Campur Kuah, dan Dorokdok Kuah. Varian menu itu pun ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 25.000,- per porsinya. Kekhasan dari Mie Tiga sendiri terletak dari tekstur mienya yang lembut dan kenyal serta topping ayamnya yang memiliki citarasa khas yang sedap.



Gultik Blok M Pak Agus juga salah satu tenant yang berhasil dibawa Yukmakan untuk meramaikan FKS yang tahun ini mengusung tema "Jelajah Rasa Jalur Mudik". Sesuai namanya, pengunjung FKS yang kulineran di tenant ini akan menemukan olahan gule atau gulai daging sapi khas Blok M yang begitu terkenal di kawasan Jakarta Selatan. Olahan gulenya medok akan bumbu dan menggunakan tambahan santan yang sukses menciptakan rasa gurih. Seporsi Nasi Gultik dibandrol dengan harga Rp 28.000,- sedangkan untuk Gultik Tanpa Nasi seharga Rp 25.000,- per porsinya.


Masih dari Jakarta, juga ada tenant bernama Galeri Betawi yang ikut meramaikan FKS 2023 ini. Sesuai dengan nama tenantnya, pengunjung FKS bisa menemukan berbagai kudapan atau produk khas Betawi. Mulai dari Dodol Betawi, Akar Kelapa, Kembang Goyang, Bir Pletok, dan camilan lainnya bisa dibeli di sini. Tak hanya produk makanan dan minuman, Galeri Betawi juga menawarkan beragam produk khas Betawi lainnya, seperti kain, sarung, boneka ondel-ondel, gelas, piring, dan masih banyak lainnya. Harga produk yang ditawarkan tenant ini cukup bersahabat.



Ingin menemukan hidangan khas Nusantara lain, Nasi Megono Mas Gareng bisa dijadikan pilihan. Pengunjung yang datang dan memesan menu di sini, akan menjumpai olahan menu khas Pekalongan yang sedap. Nasi Megono jadi menu unggulan di tenant ini yang memadukan nasi putih, oseng nangka muda, aneka lauk pauk, lalapan, serta sambal. Untuk lauk pauknya sendiri ada beberapa pilihan berbed, mulai dari Ayam Goreng, Bandeng, IkanCue, Ikan Tongkol, Kembung Asap, dan Tempe Mendoan, hingga aneka sate. Ragam menu yang ditawarkan tenant ini mulai dari harga Rp 35.000,- per porsi.



Tenant keenam yang dibawa Yukmakan ke FKS ada Dapur Lasem. Di Dapur Lasem ini, fokus jualanannya lebih ke jajanan pasar. Jadi untuk pengunjung yang sedang ingin menikmati aneka jajanan pasar, bisa langsung mampir ke Dapur Lasem. Ragam jajanan pasar seperti Lemper, Semar Mendem, Tape Hijau, Wajik, Dadar Gulung, Lapis Singkong Kelapa, Nagasari, dan Lemet. Produk Lemper di sini jadi favoritnya, lempernya punya ukuran yang lebih besar dibandingkan lemper kebanyakan. Tak hanya itu saja, lempernya memiliki isian ayam cincang bercitarasa gurih yang begitu melimpah. Selain Lemper, Tape Hijaunya juga unik dan menarik untuk dijajal. Warna hijau pada tapenya ini buka berasal dari pewarna makanan, melainkan menggunakan bahan alami. Bukan menggunakan daun suji atau pandan, tetapi warna hijaunya berasal dari penggunaan daun katuk.



Comments


bottom of page