top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

6 Tenant Rekomendasi Yukmakan di FKS Fase Ke-2

Festival Kuliner Serpong (FKS) yang diselenggarakan Summarecon Mall Serpong (SMS) kini telah memasuki fase kedua. FKS sendiri mengusung tema 'Jelajah Rasa Jalur Mudik' yang menghadirkan deretan menu khas pulau Jawa dari Banten hingga Jawa Timur. Tak jauh berbeda dengan fase sebelumnya, kali ini juga diramaikan dengan deretan kuliner yang berasal dari sekitar 90an tenant. Dari sekian banyak tenant yang bergabung di fase ini, juga ada enam tenant yang merupakan hasil rekomendasi dari Yukmakan. Keenam tenant itu adalah Gudeg Ibu Laminten, Ayam Kalasan Ibu Laminten, Gultik Blok M Pak Budi, Soto Ceker & Ranjau Pak Gendut Khas Jawa Timur, Nasi Jaen Bali, dan Konro Bakar Lompo Battang.



Gudeg Ibu Laminten

Tenant yang satu ini menghadirkan hidangan yang berasal dari wilayah DIY atau Yogyakarta. Menu Gudeg yang terbuat dari buah nangka muda yang dimasak bersama bumbu rempah dalam waktu lama yang memiliki sensasi rasa manis. Mengunjungi tenant Gudeg Ibu Laminten ini, akan menjumpai pilihan menu seperti Nasi Gudeg Komplit, Nasi Gudeg Ayam, Nasi Gudeg Telur, Krecek, hingga Gudeg.


Ayam Kalasan Ibu Laminten

Selain bisa menemukan tenant gudeg, juga ada tenant Ayam Kalasan Ibu Laminten yang lokasinya saling bersebelahan. Tenant ini menawarkan olahan ayam kalasan khas Jogja yang juga memiliki citarasa cenderung manis. Pengunjung, khususnya pecinta olahan ayam bisa menjumpai pilihan menu ayam goreng maupun ayam bakar. Untuk yang sedang ingin menyantap olahan ayam goreng bisa memesan menu bernama Ayam Goreng Kalasan (dengan nasi atau tidak). Sedangkan yang ingin memesan ayam bakar bisa memesan Ayam Panggang Klaten (dengan nasi ataupun tidak). Sepaket menu ini sudah termasuk dengan lalapan dan juga sambal.



Soto Ceker & Ranjau Pak Gendut Khas Jawa Timur

Selanjutnya ada tenant yang menghadirkan sajian bercitarasa khas Jawa Timur. Sesuai dengan nama tenantnya, maka pengunjung yang datang bisa mencicipi olahan soto yang berasal dari wilayah Jawa Timuran. Sebagai menu unggulan di sini, tentu saja ada pilihan Soto Ceker dan Soto Ranjau. Dimana kedua soto itu memadukan aneka sayuran, bihun, serta ayam. Untuk Soto Ceker, sudah pasti kaki ayam jadi bahan utamanya. Sedangkan untuk Soto Ranjau lebih menjadikan aneka tulang ayam dengan sedikit dagingnya yang masih menempel sebagai bahan utamanya. Selain bisa menjumpai kedua varian soto itu, pengunjung FKS juga bisa menemukan menu Soto Daging (sapi) dan Soto Ayam di tenant ini. Selain ditawarkan dengan harga terjangkau, olahan soto ini juga memiliki citarasa gurih dan lezat di lidah. Porsiannya pun cukup mengenyangkan.


Gultik Blok M Pak Budi

Ingin menemukan olahan berkuah lainnya, bisa menjajal olahan gule atau gulai di tenant Gultik Blok M Pak Budi. Pengunjung FKS pun bisa menikmati olahan gule tikungan yang begitu terkenal di kawasan Blok M Jakarta di area festival. Seporsi Gultik di sini terdiri dari nasi putih, semangkok gule berbahan baku daging sapi, yang disempurnakan dengan emping goreng dan juga sambal. Kuah santannya hadir dengan sensasi rasa yang gurih berpadu sempurna dengan potongan daging sapinya yang empuk. Ingin mendapatkan sensasi rasa yang lebih kaya, maka bisa menambahkan sambal ke dalamnya. Sensasi rasa gurih, asin, dan pedas pun akan langsung memanjakan lidah.


Nasi Jaen Bali

Meski FKS 2023 ini lebih mengusung tema jalur mudik yang ada di pulau Jawa, namun deretan kuliner khas Tanah Air lainnya juga turut meramaikan. Salah satunya dengan ditemukannya tenant yang menghadirkan olahan menu khas Bali. Bernama Nasi Jaen Bali, pengunjung FKS dapat memanjakan lidah dengan pilihan menu bercitarasa khas Bali. Di sini pengunjung bisa menemukan olahan menu khas Bali seperti sate lilit, ayam besisit, lawar, jukut, sambal matah, dan masih banyak lainnya. Pengunjung bisa menjadikan menu Nasi Campur Bali yang lengkap disajikan dengan sate lilitnya sebagai pilihan terbaiknya.


Konro Bakar Lompo Battang

Tak hanya bisa menemukan menu dari Bali, juga ada pilihan menu khas Sulawesi, yakni Konro Bakar. Penikmat olahan daging, pastinya tak mau melewatkan tenant yang satu ini. Di tenant ini, lidah akan dimanjakan dengan sensasi daging iga sapi yang dibakar lalu disajikan dengan bumbu kacangnya yang khas. Sensasi rasa gurih dan manis akan mendominasi rasa Konro Bakar di sini. Tak ketinggalan nasi putih dan kuah rempah yang bening turut menemani seporsi Konro Bakar yang telah dipesan. Di tenant ini, pengunjung bisa memilih menu Konro Bakar dengan pilihan 1 tulang iga ataupun 2 tulang iga. Selain bisa memesan Konro Bakar, juga ada pilihan menu lainnya yang bisa dijadikan pilihan. Yakni Sop Konro (pilihan 1 tulang atau 2 tulang).



Comments


bottom of page