• Maria Yuliana Kusrini

6 Tenant Rekomendasi Yukmakan di Kampoeng Tempo Doeloe

Kampoeng Tempo Doeloe (KTD) yang diadakan Summarecon Mall Kelapa Gading terbukti sangat diminati masyarakat. Festival kuliner yang berlangsung sekitar satu bulan lamanya ini menghadirkan deretan menu khas Nusantara yang begitu menggugah selera. Dan dari sekitar 70 tenant yang turut bergabung di KTD, berikut ini 6 tenant yang menjadi rekomendasi menurut pilihan Yukmakan.


1. Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Tenant satu ini wajib banget dikunjungi oleh pengunjung yang suka menu cemilan brbasis gorengan yang memiliki citarasa manis. Sesuai dengan namanya, sudah pasti olahan pisang goreng jadi menu unggulannya. Dan benar saja, mengunjungi tenant ini harus menjajal menu bernama Pisang Goreng Madu dan juga Nangka Goreng Madu. Olahan pisang yang dipotong kemudian dipadukan dengan tepung memiliki citarasa yang manis legit. Bagi yang ingin menjajal sensasi nangka, maka bisa menjadikan Nangka Goreng Madu sebagai pilihannya. Tak hanya rasanya yang enak dan pastinya disukai pengunjung KTD, pisang goreng madu ala Bu Nanik ini punya ukuran yang lumayan besar.



2. Nasi Ayam Khas Semarang Bu Lani

Sekilas, tampilan menu yang menjadi unggulan di tenant ini mirip dengan sajian nasi liwet khas Kota Solo. Namun, meskipun tampak mirip, Nasi Ayam khas Semarang ini memiliki beberapa perbedaan dengan nasi liwet. Lebih dikenal sebagai menu sarapannya warga Semarang, olahan Nasi Ayam khas Semarang buatan Bu Lani ini terbukti viral dan begitu diminati oleh warga Jakarta. Menu Nasi Ayamnya sendiri terdiri dari nasi putih pulen yang ditemani dengan lauk suwiran ayam, krecek, tahu bacem, telur pindang, sayur labu berkuah santan, dan tak ketinggalan ada guyuran kuah santan yang tak terlalu kental yang menyertai. Seporsi nasi ayam ini pun makin unik karena ada lauk pendamping lain yang bisa pengunjung pesan, yakni sate usus, sate kulit, hingga sate telur puyuh yang dicelupkan ke dalam kuah santan.


3. Es Duren Sakinah Bandung/Pak Aip

Penggila durian, tentunya tak akan melewatkan tenant satu ini. Deretan menu spesial yang menjadikan durian sebagai bahan bakunya sangat menarik untuk dijajal. Salah satunya adalah Es Campur Durian. Menu satu ini memadukan es campur dengan buah durian. Wanginya durian pun akan begitu menggoda yang dicampur dengan isian es campur yang terdiri dari kelapa muda, alpukat, nangka, sagoo atau mutiara, susu kental manis, dan juga serutan es batu. Sensasi rasa manis, segar, dingin, begitu menyantu sempurna dengan aromatik dan lezatnya si buah durian.



4. Srabi Notosuman Ny. Handayani

Salah satu paket yang menarik untuk dipesan adalah Paket 1 Srabi Campur. Paket ini berisikan 6 buah srabi dengan pilihan rasa Original dan juga rasa Cokelat, yakni 3 Original dan 3 Cokelat. Sensasi rasa gurih manis dari srabinya begitu memanjakan lidah dan makin sempurna karena dihadirkan dengan tekstur yang begitu lembut. Apalagi dimakan saat masih panas atau hangat akan jadi nilai tambah tersendiri. Datang ke sini, siap-siap bersabar dengan antriannya ya.



5. Kepala Manyung Bu Fat

Penasaran dengan yang namanya olahan ikan laut bernama ikan manyung. Nah tenant satu ini boleh deh dijadikan pilihan kalian. Ada beberapa pilihan menu berbeda yang disuguhkan tenant ini. Mulai dari olahan kepala ikan manyung, dagingnya yang sudah dipotong-potong, hingga sayur pendampingnya seperti tumis bunga pepaya ataupun tumis daun pepaya. Nah salah satu menu yang menarik dijajal adalah olahan daging ikan manyung yang dimasak kuah mirip gulai dengan citarasa yang begitu pedas di lidah. Saat dimakan, ada sensasi rasa smokey yang berasal dari daging ikan manyungnya. Menandakan jika sebelum dimasak gulai, daging ikan manyungnya diproses dengan cara diasap. Olahan ikan pedas ini pun makin sempurna dinikmati bersama nasi putih panas yang dipadukan dengan sayur berupa Tumis Bunga Pepaya. Untuk tumisannya sendiri ada 2 pilihan yang ditawarkan, yakni dengan pilihan 1 porsi ataupun 1/2 porsi dengan harga yang pastinya juga disesuaikan.

6. Makanan Khas NTT by Dekranasda NTT

Sajian khas NTT pasti nggak jauh dari yang namanya olahan sei sapi dan sambal luatnya yang aromatik dan pedas. Untuk pengunjung KTD yang ingin menyantap menu khas NTT sudah pasti juga bisa menemukannya. Di tenant yang menyuguhkan menu khas NTT ini, ada salah satu pilihan menu paket yang bisa dipesan. Paket ini sudah terdiri dari makanan lengkap dengan minuman penyertanya. Ada 2 paket yang ditawarkan, yakni Paket 1 dan juga Paket 2. Untuk yang memilih menu Paket 2, maka akan mendapatkan makanan yang terdiri dari nasi jagung dipadukan dengan lauk berupa sei ikan suwir, tumisan bunga pepaya yang dipadukan dengan jantung pisang dan ikan teri, dan tak ketinggalan ada juga sambal luat. Nah kalau untuk minumannya, sudah termasuk dengan minuman yang bernama Es Teh Kelor.