• Maria Yuliana Kusrini

8 Restoran yang Wajib Didatangi Pecinta Bebek

Meski tidak setenar ayam, namun bebek tetap memiliki penggemar tersendiri. Terlepas dari imagenya yang dikatakan sebagai pemicu kolesterol, berdaging alot, hingga aroma khas kurang sedap, namun bebek tetap mampu menjadi sajian yang digemari. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya tempat makan yang menjadikan bebek sebagai salah satu sajian unggulannya. Daging bebek yang dimasak dengan menggunaan berbagai bumbu rempah pun berhasil membuat rasa dan tekstur bebek menjadi lezat. Berbagai image negatif berkaitan dengan bebek pun lenyaplah dan berganti 180 derajat. Dan berikut ini 8 rekomendasinya yang wajib untuk dijajal para pecinta olahan bebek!


1. Bebek Omahan

Rumah makan yang berlokasi di kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat ini menyediakan berbagai olahan bebek bercitarasa tradisonal Indonesia. Salah satu menu unggulannya bernama Bebek Sedep yang rasanya juga sedep banget. Potongan bebek yang digoreng hingga garing namun tetap bertekstur lembut dipadukan dengan sambal sedep yang super pedas. Selain itu, juga ada menu bebek lainnya yang tak kalah istimewa. Sebut saja Bebek Kremes, Bebek Goreng, Bebek Bakar, Bebek Penyet, dan lainnya.


2. The Duck King

Punya banyak outlet dan punya lebih dari 300 menu jadi khasnya The Duck King. Untuk menu bebeknya menggunakan produk lokal namun indukannya berjenis bebek impor. Hal itu dipilih karena ukuran bebeknya lebih pas dan ketika diolah menghasilkan masakan yang lebih konsisten. Proses pengolahannya pun tapat yang menggunakan bumbu dan rempah pilihan. Datang ke The Duck King jangan lupa untuk memesan Peking Duck, Bebek Cacah Selada, Bebek Lada Hitam, dan Bebek Panggangnya ya.


3. Bebek Tepi Sawah

Restoran ini menjadi sangat populer untuk hidangan bebeknya dan begitu digemari oleh turis lokal maupun asing. Menggunakan bumbu yang langsung didatangkan dari Bali, Bebek Tepi Sawah menghadirkan menu-menu lezat dengan kualitas terbaik. Untuk satu porsi makanan, disediakan setengah potong bebek. Dari sekian banyak menu yang ada di Bebek Tepi Sawah, dua menu andalannya adalah Tepi Sawah Crispy Duck yang renyah dan Tepi Sawah Grilled Duck yang bumbunya meresap.

4. Bebek Bengil

Nama restorannya sama seperti nama menu unggulan di sini.Seporsi Bebek Bengil terdiri dari nasi putih, satu iris semangka, potongan jeruk, dan tentunya bebek setengah ekor. Ukuran bebeknya lumayan besar yang disajikan tanpa baluran cabai dan bumbu. Bebek goreng berwarna kecoklatan ini punya tekstur renyah. Rasanya pun enak, garing, dan tidak berminya. Di wadah terpisah disediakan dua jenis sambal (yakni sambal merah dan sambal matah) serta sayur urap sebagai pelengkapnya.


5. BKB

Di sini menghidangkan bebek hitam bercitarasa lezat khas Kepahiang, Bengkulu. Rahasia kelezatannya terletak pada penggunaan bumbu rempah melimpah ala Kepahiang dan proses pembuatannya yang diungkep semalaman. Ketika digoreng, bebeknya bertekstur renyah dan bagian dalamnya tetap terasa juicy. Soal rasa, sudah pasti gurih dengan bumbu yang meresap sempurna. BKB kini telah memiliki beberapa outlet yang tersebar di Jakarta dan kota sekitarnya.

6. Bebek Renon

Restoran yang menggunakan nama salah satu area di pulau Dewata ini menawarkan olahan bebek yang cukup bervariasi. Beberapa di antaranya terdapat menu bernama Bebek Bali Crispy, Bebek Pecatu, Bebek Bakar, Bebek Cabe Kering, hingga olahan bebek bernama Bebek Kremes Bangli. Masing-masing hidangan dimasak dengan menggunakan teknik khusus serta penggunaan bumbu dan rempah khas Bali. Proses pemasakan bebeknya sekitar 7 jam serta menggunakan batubara sebagai alat masaknya. Sambal Matah yang terbuat dari potongan bawang merah, cabai rawit, batang serai, kecombrang, dan juga kucuran jeruk ini pun begitu istimewa saat disantap bersama bebeknya.


7. Bebek Pak Ndut

Lahir di Kota Solo, Jawa Tengah, Bebek Pak Ndut kian melebarkan sayap dengan membuka beberapa kedai di beberapa kota lainnya. Bebek Pak Ndut menawarkan olahan bebek sedap dengan bumbu yang merasuk dalam dagingnya. Bebek Sangan, Bebek Remuk, dan Bebek Goreng jadi beberapa menu yang layak untuk dipesan. Masing-masing bisa dipesan satuan ataupun paket. Olahan bebek itu ditemani dengan sambal serta aneka lalapan daun pepaya.


8. Bebek H. Slamet

Bebek Goreng H. Slamet pasti sudah tidak asing lagi di telinga pondok persilatan perbebekan Indonesia. Dari begitu banyak tempat makan yang menjual sajian bebek di Indonesia, khususnya Jakarta, Bebek Goreng H. Slamet memang begitu istimewa. Untuk bebek gorengnya renyah di bagian luar, sedangkan daging bagian dalamnya terasa empuk. Belum lagi sambal koreknya yang bercitarasa pedas dan makin meningkatkan selera makan.

© 2019 yukmakan channel