top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Aksi Nyata Ajinomito di Pekan Sarapan Nasional 2023

Setiap tanggal 14–20 Februari di setiap tahunnya diperingati sebagai Pekan Sarapan Nasional. Dan moment istimewa ini pun banyak digunakan untuk mengedukasi masyarakat luas akan pentingnya sarapan untuk memulai aktivitas sehari-hari. PT AJINOMOTO INDONESIA (Ajinomoto) sebagai perusahaan bumbu masak terkemuka tak mau ketinggalan untuk ambil bagian dalam moment ini. Aksi nyata pun dilakukan Ajinomoto di moment Pekan Sarapan Nasional tahun ini.



Ajinomoto yang begitu memperhatikan isu kesehatan dan asupan gizi, melakukan aksi nyata itu di Panti Asuhan Nuruz Zaroh dan Panti Suaka Kasih Bunda di kawasan Jakarta dan Tangerang. Di kesempatan ini, Ajinomoto memberikan edukasi pada anak-anak dan para pengurus panti akan pentingnya asupan sarapan bergizi. Tak hanya itu saja, Ajinomoto juga memberikan donasi sarapan berupa menu bergizi seimbang yang terdiri dari nasi, Tumis Ayam Kecap Masako, Tumis Sayur Ajinomoto, buah, susu, dan produk Masako 40 gr.


Pada kesempatan itu juga, Ajinomoto menggandeng dosen sekaligus ahli gizi Nazhif Gifari, S.Gz, Msi untuk memberikan informasi mengenai arti pentingnya sarapan kepada para pengurus panti. Menurut Dosen Gizi di Universitas Esa Unggul itu, sarapan dinilai sangat penting untuk anak karena sarapan pagi dapat membekali tubuh zat gizi yang diperlukan untuk bisa berpikir, belajar, dan melakukan aktivitas fisik secara optimal. Ajinomoto berharap inisiatif yang dilakukan di Pekan Sarapan Nasional 2023 ini dapat menginspirasi anak-anak Indonesia dan para orangtua agar sadar akan pentingnya sarapan sehat dan juga kebutuhan nutrisi yang tercukupi, sehingga anak dapat tumbuh sehat, bahagia, sekaligus ikut mengurangi angka stunting.


"Dalam memulai aktivitas kita sehari-hari kita harus membekali tubuh dengan zat gizi yang diperlukan seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral, itulah kenapa sarapan sangat penting. Jika anak-anak kita ingin proses belajarnya penuh konsentrasi, di pagi hari harus selalu sarapan. Ada banyak sekali manfaat sarapan, di antaranya mencegah dehidrasi setelah puasa sepanjang malam, menstabilkan glukosa darah, mencegah hipoglikemia, mencegah obesitas, meningkatkan fungsi kognitif, dan meningkatkan semangat belajar serta beraktivitas pada anak,” terangnya.


Saat hendak sarapan, juga penting untuk memperhatikan menu sarapannya. Khususnya perlu diperhatikan kandungan gizi yang seimbang pada setiap menu yang disajikan. Menu sarapan harus mengandung sumber energi dan serat yang cukup, termasuk juga pembatasan asupan gula, garam, lemak (GGL). Tujuannya agar tubuh terhindar dari masalah kesehatan seperti penyakit degeneratif. Nazhif Gifari pun membagikan tips sarapan sehat yang bisa dipraktekkan sehari-hari. Seperti membuat menu sarapan praktis selama satu minggu, menyiapkan bahan-bahan untuk menu sarapan di malam hari, memastikan bahan makanan mengandung zat gizi seimbang, dan makukan sarapan di pagi hari secara bersama-sama.


Menuju tahun 2030, Ajinomoto mempunyai dua tujuan besar. Pertama meningkatkan kualitas dan harapan hidup sehat keluarga Indonesia. Dan yang kedua mengurangi dampak lingkungan dari kegiatan perusahaan. Untuk merealiasikan komitmen tersebut, Grup Ajinomoto Indonesia juga sedang meningkatkan literasi dan pengetahuan seluruh karyawannya untuk dijadikan sebagai sebagai Health Provider. Health Provider terdiri dari Health provider for Human Being dan Health provider for The Earth. Hal itu dilakukan karena Grup Ajinomoto Indonesia peduli terhadap perbaikan kesehatan seluruh masyarakat dan bumi (lingkungan).

bottom of page