top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Aksi Nyata Ajinomoto Pada Lingkungan

Ajinimoto merupakan salah satu merek bumbu penyedap makanan sekaligus produsen terkemuka yang ada di Indonesia. Telah ada sejak tahun 1969 di Indonesia, Ajinomoto memiliki berbagai macam produk berkualitas tinggi yang mampu menghadirkan kelezatan di setiap masakan. Tak hanya fokus mengupayakan makanan yang lezat dan sehat saja, Ajinomoto pun ikut ambil peranan dalam kegiatan positif yang baik bagi lingkungan.


Salah satu yang tengah disoroti oleh Ajinomoto adalah jumlah sampah plastik yang makin menumpuk setiap tahunnya. Hal ini pun menjadi masalah serius yang harus dituntaskan berbagai pihak. Menyoroti masalah ini, Ajinomoto pun menjalin kerjasama dengan Rekosistem dan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya untuk membangun fasilitas Waste Station pada bulan Desember 2022 lalu. Dan kini, tepatnya pada moment Ramadan lalu, Ajinomoto bersama dengan Rekosistem dan pemerintah Kecamatan Benowo, Surabaya mengadakan acara lanjutan bertajuk ‘Ngabuburit Ramah Lingkungan Bersama Ajinomoto’.



Bentuk kepedulian Ajinomoto pada masalah sampah plastik yang terus bertambah tiap tahunnya, dilakukan dengan menghadirkan kemasan khusus. Ajinomoto Indonesia sendiri menghadirkan Ajinomoto paper packaging yang diharapkan dapat membantu mengurangi penggunaan bahan plastik untuk kemasannya hingga 30%. Kemasan khusus itu telah digunakan pada salah satu produk Ajinomoto, yaitu MSG AJI-NO-MOTO. Mengganti kemasan dengan kemasan khusus ini maka, Ajinomoto telah ikut berkontribusi mengatasi sampah plastik dengan mengurangi hingga 30% penggunaan material plastik pada kemasan. Selain itu, pada produk Masako juga telah dikurangi penggunaan material plastik pada header dan kemasan luarnya.


“Menjalani usia yang lebih dari setengah abad, PT. Ajinomoto Indonesia terus menguatkan komitmen untuk mendampingi masyarakat Indonesia dalam memberikan yang terbaik dengan terus berpegang teguh pada nilai Ajinomoto Shared Value (ASV) yang berfokus pada pilar: health and wellbeing, food resources, dan global sustainability. Melalui slogan global kami “Eat Well, Live Well”, Ajinomoto terus memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan kualitas hidup sehat masyarakat Indonesia sekaligus melangkah ke arah bisnis berkelanjutan yang ramah lingkungan. Acara hari ini merupakan bentuk nyata partisipasi kami sebagai Health Provider dalam menjaga kelestarian bumi Indonesia,” terang Yudho Koesbandryo selaku Direktur PT. Ajinomoto Indonesia yang turut hadir pada acara tersebut.


Di kesempatan ini pula, Rekosistem dan Ajinomoto membagikan informasi mengenai bagaimana menjadikan sampah sebagai sesuatu yang lebih menguntungkan. Sampah bukan lagi hanya sebagai limbah atau barang buangan saja, tapi juga dapat dirubah menjadi barang yang mendatangkan keuntungan. Selain itu, Rekosistem juga memberikan informasi bagaimana cara mengelola sampah rumah tangga melalui pengelolaan kompos yang mudah dipraktekkan dalam keseharian. Hal itu bisa dilakukan melalui jasa pengelolaan sampah yang berfokus pada pengumpulan, pemilahan, dan daur ulang sampah.


"Salah satu cara yang dilakukan oleh Rekosistem adalah dengan menyediakan akses daur ulang sampah dengan membangun waste station sehingga masyarakat dapat mendaur ulang sampah anorganik rumah tangganya dengan mudah. Masyarakat bisa melakukan penyetoran melalui aplikasi, dengan terlebih dahulu memilah, membersihkan, dan mengemas sampah daur ulangnya. Dengan melakukan penyetoran ini, masyarakat dapat dengan mudah ubah sampah jadi cuan. Selain sampah anorganik, saya yakin teman-teman dalam skala rumah tangga menghasilkan sampah organik. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, kami juga ingin sharing praktik mengkompos sampah (organik) rumah tangga. Pastinya hal ini akan sangat bermanfaat bagi teman-teman semua,” tutup Joshua Valentino selaku owner dari Rekosistem.

Comments


bottom of page