• Maria Yuliana Kusrini

Alhambra, Paket Ramadan Khas Spanyol Unik di Mare Nostrum Jakarta

Di Bulan suci Ramadan ini, masyarakat Jakarta tentu sudah terbiasa menjadikan hidangan Nusantara atau Timur Tengah sebagai pilihan menu berbuka puasa. Mungkin ada juga sebagian yang menjadikan pilihan menu Barat seperti pasta, pizza, salad, pancake, atau aneka sup sebagai alternatif lainnya. Berbuka dengan pilihan menu khas Spanyol tentu sangat berbeda dan akan terasa unik untuk dijajal.



Spanyol sendiri menjadi satu negara di Eropa yang masih memiliki tradisi kental warisan sejarah Islam. Dulunya, Spanyol dikenal dengan sebutan Al-Andalus yang merupakan jalur utama Islam masuk ke benua Eropa. Beribu kota di Granada, bangsa Arab atau yang dikenal dengan sebutan bangsa Moor mulai meninggalkan jejak tradisi Islam di wilayah Spanyol dan sekitarnya. Jejak tradisi ini bisa dilihat melalui berbagai bangunan terkenal di wilayah selatan Spanyol serta makanan khasnya.


Nah untuk bisa menikmati hidangan berbuka puasa khas Spanyol, bisa mengunjungi restoran bernama Mare Nostrum Jakarta yang berlokasi di kawasan Sudirman. Selain bisa mendapatkan pengalaman kuliner berbeda, tamu pun sekaligus bisa mengenalkan jejak Islam di Spanyol. Mare Nostrum Jakarta pun menghadirkan kreasi menu khas Al-Andalus yang diberi nama Menu Alhambra. Kreasi menu istimewa ini diciptakan oleh Chef Mare nostrum Jakarta yang menggandeng para Michelin-Chef peraih penghargaan World’s 50 Best Restaurant asal Barcelona, Eduard Xatruch, Oriol Castro, dan Mateu Casañas.


Menu Alhambra khas Al-Andalus ini berupa paket yang terdiri dari berbagai jenis hidangan berbeda. Mulai dari takjil, camilan, dan hidangan manis lainnya yang menarik untuk membatalkan puasa. Sebut saja Tempura Dates, berupa buah kurma yang digoreng dengan bumbu racikan spesial sehingga tekstur dan rasanya menjadi lebih creamy. Ada juga Double Texture Endive with Dates and Parmesan yang merupakan salad favorit Mare Nostrum Jakarta yang dikombinasikan dengan buah kurma. Sajian satu ini memiliki citarasa manis dan gurih yang begitu memikat. Sajian penutup yang juga bisa dijadikan takjil lainnya ada Pandan Flan yang dibuat dari daun pandan.



Sebagai hidangan utamanya, tamu bisa menemukan Lamb Al-Andalus hingga Cod Bunuelos with Honey Air. Lamb Al-Andalus menggunakan daging domba sebagai bahan utamanya yang dimasak dengan teknik dan resep asli dari Spanyol dan disajikan dengan roti naan. Berbeda lagi dengan Cod Bunuelos with Honey Air yang menyerupai gorengan tapi terbuat dari ikan kod yang kaya gizi dengan tambahan busa madu yang unik. Nah sedangkan untuk minumannya, bisa menikmati Morrocan Tea with Tangerine. Minuman ini bukan sembarang teh, melainkan ada campuran tangerine espumanya. Sehingga memiliki rasa manis yang khas dan tepat untuk dijadikan sebagai minuman berbuka puasa. Paket Menu Alhambra ini ditawarkan dengan harga Rp 250.000,- net per orang.


“Budaya Islam itu sangat erat kaitannya dengan Spanyol, namun tidak banyak orang yang tahu itu. Untuk itu, saya rasa bulan Ramadan ini adalah waktu yang tepat untuk mengenalkan kembali kepada masyarakat luas. Semoga dengan adanya menu khas Al-Andalus ini, maka bisa menjadi opsi hidangan untuk menikmati saat berbuka puasa bersama keluarga,” tutup Marc Mallolas Castro selaku Managing Partner Mare Nostrum Jakarta.