• Novi Amaliyah

AMBER, Wahana Permainan Berbasis Digital Pertama Di Bekasi



Ada yang baru di Summarecon Mall Bekasi, AMBER wahana baru berbasis teknologi digital imersif kelas dunia hasil karya anak bangsa ini sudah bisa dinikmati oleh pengunjung sejak Kamis, 10 Desember 2020 di lantai dasar yang berdekatan Bekasi Food City Summarecon Mall Bekasi.



AMBER akan membuat pengunjung merasakan sensasi permainan dunia digital sehingga seolah berada dalam petualangan yang nyata. Berbeda dengan digital playground kebanyakan yang umumnya hanya menampilkan teknologi secara audio dan visual, AMBER juga menyajikan alur cerita heroik yang atraktif di dalamnya. Untuk mengaktifkan setiap tampilan teknologi yang berada di AMBER, pengunjung cukup menggerakkan tangan, berteriak, menginjak panel melalui sensor sehingga tanpa perlu menyentuhnya atau touchless.


AMBER buka setiap hari mulai pukul 13.00 - 21.00 WIB tanpa ada batasan usia. Setiap pengunjung dapat menikmati pengalaman teknotogi imersif di dalam AMBER selama durasi waktu maksimal 60 menit setiap sesi. Ada dua pilihan tiket yang tersedia, yaitu tiket weekdays (Senin-Jumat) seharga Rp 100.000 dan tiket weekend & public holiday (Sabtu Minggu & Hari Libur Nasional) seharga Rp 120.000.


Ugi Cahyono selaku Center Director Summarecon Mall Bekasi mengatakan “Maraknya perkembangan dunia digital menginspirasi kami untuk menghadirkan wahana terbaru ini AMBER Memadukan Digital Art dan Teknologi Imersif sehingga tercipta berbagai ruangan yang hidup dan berwarna-wami. Dalam wahana ini pengunjung juga diajak untuk menikmati alur cerita yang ada di dalamnya sehingga interaksi ini akan menjadi keunikan tersendiri dibandingkan dengan wahana-wahana lainnya.”


Pengunjung tak perlu khawatir saat berkunjung ke wahana ini karena protokol kesehatan

dilaksanakan penuh dengan pengawasan. Para pengunjung dan pekerja di lokasi diwajibkan untuk mengenakan masker, menyediakan hand sanitizer yang tersebar di titik-titik strategis, menerapkan jaga jarak dengan membatasi jumlah pengunjung. Sebelum masuk ke dalam wahana, akan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh. Sebagai langkah antisipasi setiap satu jam sekali, petugas akan melakukan pembersihan dan penyemprotan desinfektan di dalam area AMBER, dan memasang AC berteknologi UVC Light Effect untuk mensterilisasi sekaligus menjaga kualitas udara.



Wahana AMBER menyajikan kisah mengenai batu Amber sebagai simbol harapan dan impian anak-anak di sebuah desa bernama AmberVille. Sayangnya, suatu hari raksasa jahat bernama Azura Daichi datang dan mengambil batu tersebut menyebabkan anak-anak di AmberVille menjadi sedih dan sengsara Demi menolong anak-anak merebut kembali batu Amber dari Azura, hadirlah sosok perempuan hebat bernama L Brianna.


Taragam Forest akan menjadi area pertama yang akan dimasuki pengunjung. Di hutan tersebut, dengan memanfaatkan gerakan tangan pengunjung dapat melihat tampilan efek beragam dari tanaman dan hewan yang ada. Kemudian Dhandaka Tree, yaitu pohon keramat tempat Azura tinggal. Menginjak pijakan bola lampu adalah cara mengaktifkan area ini. Selanjutnya Shindu Pond, pengunjung mendapatkan misi membantu L Brianna dengan bertepuk tangan atau berteriak untuk mengaktivasi area ini. Kemudian setelah sukses merebut batu Amber, pengunjung kemudian akan memasuki lembah kegelapan Khandava Valley. Pengunjung harus menggerakkan tubuh untuk mengaktifkan teknologi imersif yang ada di sini. Terakhir pengunjung akan memasuki area Swarga Waterfall dan bebas sepuasnya mengabadikan momen di AMBER.


AMBER merupakan bagian dari Immersiveland, besutan terbaru Summarecon sebagai spesialis pembuata digital playground yang menggunakan teknologi multimedia kelas dunia dengan memberikan pengalaman sensorik melalui konten dinamis yang penuh kejutan.


“Wahana AMBER di Summarecon Mall Bekasi ini jadi solusi bagi masyarakat Bekasi yang membutuhkan hiburan dan bisa bersama keluarga untuk menghabiskan waktu liburan yang tidak harus jauh-jauh keluar rumah,” jelas Angga Depitianto, Tim Kreatif Immersiveland.


Untuk memberi kemudahan dan juga menghindari antrian, pengunjung juga dapat membeli tiket secara online melalui website www.immersiveland.co.id. Penasaran untuk mencoba?