top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Antarasa Sajikan Kreasi Menu Selera Nusantara, Kini ada di Puri Kembangan, Jakarta Barat

Sebuah tempat makan bernama Antarasa kini resmi dibuka di kawasan Puri, Jakarta Barat, 8 Desember 2022. Tepatnya mengambil lokasi di Puri Indah Mall, Antarasa terinspirasi dari serial dokumenter ‘Kisarasa’ yang tayang di Youtube. Kisarasa ini menceritakan perjalanan dua orang chef, yakni Juna Rotimpandey dan Renatta Moeloek dalam mengulik kekayaan kuliner Nusantara dengan cara berbeda.



Antarasa dihadirkan dengan mengambil filosofi from screen to plate dan menu-menu yang disajikan pun terinspirasi dari Kisarasa itu. Sesuai dengn serial bertajuk ‘Inspirasa’ yang sudah tayang, maka di restoran Antarasa pun tersaji hidangan yang dikulik di serial itu. Setidaknya ada tiga hidangan spesial yang bisa tamu temukan saat mengunjungi Antarasa. Ketiga hidangan itu adalah Short Ribs Konro buatan Chef Juna, Tongseng Kambing buatan Chef Renatta, dan juga Bebek Betutu Ibu Ray khas Bali.



Selain menghadirkan makanan yang menjadi bintang di tayangan Kisarasa, Antarasa juga menyediakan menu lain yang sudah dikurasi. Hidangan itu adalah Udang Bakar Jimbaran, Cumi Bakar Sambal Mbe, Mie Kare Atjeh Udang, dan Andaliman Mie Gomak. Semua hidangan di Antarasa ini disajikan dengan citarasa lezat, sesuai selera Nusantara. Pengunjung yang datang pun bisa menemukan pengalaman bersantap yang lebih premium.

 

Antarasa sendiri merupakan salah satu brand yang masih dibawah naungan Dailybox Group. Sebelum membuka di Puri Indah Mall, Jakarta Barat ini, Antarasa sudah lebih dulu buka di Pontianak, Kalimantan Barat. “Setelah hadir di Kalimantan dan Jakarta, rencananya kami juga akan menghantarkan rasa selera Nusantara ke pulau Sumatera. Untuk nama kotanya mana, ditunggu saja tanggal mainnya. Sesuai dengan namanya, Antarasa menyajikan makanan dengan sentuhan modern menggunakan rempah terbaik Nusantara. Ada beberapa hidangan yang dipadukan dengan menu bercitarasa internasional untuk mewujudkan modern Indonesia food yang sesuai dengan selera Nusantara,” ungkap Chef Juna Rorimpandey.


Keterlibatan sosok kuliner khas Bali, Ibu Ray di Antarasa menjadi kolaborasi yang makin menarik. Hal ini sekaligus mempertegas komitmen Dailybox Group dan kedua chef dalam membina UMKM kuliner Indonesia. Kolaborasi Antarasa dengan Ibu Ray sendiri bermula dari tayangan perdana episode Bebek Betutu khas Bali pada bulan September 2022 lalu. Tak disangka, episode ini menjadi primadona dan mendapat banyak perhatian para pecinta kuliner Indonesia. 



Diungkapkan Ibu Ray jika setelah tayang di Kisarasa, orderan Bebek Betutunya makin banyak dan melonjak. Jumlahnya pun bisa menembus ratusan porsi per harinya. Meski hanya pelaku industri rumahan dengan kapasitas terbatas, tapi Ibu Ray tidak merasa kewalahan saat mendapatkan banyak pesanan. Itu berkat campur tangan Dailybox Group dan Chef Juna yang turut membantu dalam proses pengerjaan orderan. Jika sebelumnya, Bebek Betutu Ibu Ray hanya bisa dijumpai di Bali, maka sekarang sudah ada di Jakarta dan juga Pontianak.


Diungkapkan Chef Renatta jika dirinya, Chef Juna, dan Dailybox Group akan terus mendukung UMKM kuliner Indonesia. Itu karena UMKm punya peran penting dalam perekonomian. “Karenanya, kami berusaha selalu menggandeng pelaku UMKM kuliner lewat kolaborasi yang dapat memberikan manfaat dan dampak positif bagi komunitas sekitar. Untuk kualitas menu Bebek Betutu Ibu Ray dan meningkatkan kapasitas produksi, Dailybox Group mendirikan central kitchen di Denpasar dan mempekerjakan warga sekitar. Kami juga melakukan training serta audit berkala terhadap pihak-pihak yang terlibat dalam proses produksi agar konsistensi rasa dan kualitas terjamin,” tutup Chef Renatta.

Comments


bottom of page