top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Archipelago Black Box Battle

Archipelago International sebagai perusahaan manajemen hotel terbesar di Asia Tenggara, belum lama ini menggadakan sebuah kegiatan seru. Bernama 'Black Box Battle' kegiatan ini menjadi salah satu Program Food & Beverage (F&B) terbarunya Archipelago. Program ini berupa kompetisi para pemimpin F&B, executive chef, hingga kepala chef dari setiap unit hotel yang dinaungi Archipelago.


Sesuai dengan nama kompetisinya, maka pada kompetisi ini setiap peserta dituntut untuk menyajikan makanan dan minuman dengan bahan-bahan rahasia yang disimpan dalam kotak hitam misterius. Dari kompetisi ini, peserta pun akan diuji kreativitas, adaptabilitas, dan penguasaan citarasanya. Setiap peserta akan memiliki kesempatan untuk menunjukkan keahlian kuliner mereka dengan menciptakan hidangan dan minuman inovatif yang menonjolkan esensi kuliner Indonesia.



Acara Black Box Battle ini terdiri dari dua kategori berbeda, yakni Food Battle dan Beverage Battle. Acara perdana Black Box Battle telah berlangsung pada hari Sabtu, 27 Mei 2023 lalu di Harper MT Haryono di Cawang, Jakarta. Usai berkompetisi, dipilihlah beberapa pemenang dari masing-masing kategori. Dari kategori Food Battle, Juara 1 'Charles Brookfield Trophy' diraih oleh Chef Sukma Nuryadinata dari Grand Aston Puncak Hotel & Resort. Juara 2 'John Flood Trophy' diraih oleh Chef Agung Palupi dari Aston Sentul Resort & Convention Center. Dan untuk Juara 3 dan favorit disabet oleh Chef Hadhi Septanto dari Harper MT Haryono, Cawang.


Untuk kategori Beverage Battle, juga dipilih 3 orang pemenang. Sebagai Juara 1 'Charles Brookfield Trophy' diraih oleh Boby Sandra dari Grand Aston Puncak Hotel & Resort. Pemenang 'John Flood Trophy' atau Juara 2 diterima oleh Wahyu Sudrajad dari Aston Pluit Hotel & Residence. Dan sebagai Juara 3 dan favorit dimenangkan oleh Rinaldo Chendana Halim dari Aston Cilegon Boutique Hotel.


"Kami sangat senang memperkenalkan program Black Box Battle sebagai bagian dari komitmen Archipelago International dalam memamerkan keunggulan kuliner. Kompetisi unik ini tidak hanya akan menyoroti bakat pemimpin F&B dan chef, tetapi juga mempromosikan warisan kuliner yang kaya di Indonesia. Kami berharap dapat menyaksikan kreativitas dan inovasi yang akan terungkap saat para peserta memamerkan keahlian mereka dengan bahan-bahan misterius," ujar John Flood selaku CEO & President Archipelago International.


Archipelago Black Box Battle ini sendiri memiliki tujuan untuk mempromosikan keanekaragaman budaya kuliner dan minuman Indonesia dengan bahan lokal yang melimpah. Selain itu, diharapkan juga kompetisi ini dapat memupuk rasa persaudaraan dan kerjasama di antara para peserta. Kolaborasi para peserta itu pun nantinya akan menciptakan produk menu berkualitas yang dapat ditampilkan di seluruh hotel di bawah naungan Archipelago International. Ke depannya, Archipelago Black Box Battle ini akan diselenggarakan di berbagai wilayah. Mulai dari wilayah JABODETABEK (Jakarta, Bogor, Depok,Tangerang, Bekasi), JOGLO SEMAR (Jogjakarta/Yogyakarta, Solo, Semarang), Jawa Barat, Jawa Timur, dan Bali.

Comments


bottom of page