top of page
  • alettasumampouw

Asia Wine Institute and SJM Resort Host “2023 SJM Asia Top Sommelier Summit”

Sommelier adalah sebutan untuk ahli wine. Sommelier punya pengetahuan yang luas dan mendalam tentang wine. Mulai dari cita rasa, jenis anggur yang digunakan, kapan anggur di panen, sampai jenis makanan apa yang cocok untuk disajikan bersama wine. Biasanya sommelier akan mengenali wine lewat aroma yang diciumnya, juga lewat palet di lidah. Seorang sommelier akan menyarankan pemilihan wine yang sesuai sama hidangan yang dipesan tamu-tamu restoran. Dengan pengetahuan yang dimilikinya, sommelier juga selalu memperhatikan suhu dan kelembaban ruang untuk menjaga wine. Hal ini dilakukan supaya bisa menyediakan wine dalam keadaan yang paling lezat sesuai dengan permintaan para tamu. Untuk jadi seorang sommelier, perlu mengikuti ujian sertifikasi.



Ajang sommelier asia ini untuk pertama kalinya dilakukan di Macau. SJM Resorts, S.A. ("SJM") bermitra dengan Asia Wine Institute, bersama menyelenggarakan dan mensponsori ajang bergengsi dengan mengusung tema "2023 SJM Asia Top Sommelier Summit 2023" pada tanggal 18 hingga 20 Oktober. Acara ini mempertemukan para ahli terkemuka di bidang wine dari seluruh Asia untuk membahas dan bersama-sama mempromosikan kemajuan industri wine. SJM dan Asia Wine Institute bekerjasama untuk mempercepat pertumbuhan "MICE + pariwisata" di Makau; memberikan pertukaran pengetahuan untuk industri wine, membangun platform bagi sommelier dari Tiongkok untuk memperluas jangkauan mereka secara global; memperkuat peran Macau sebagai "Kota Kreatif Gastronomi" dan menawarkan beragam program acara untuk meningkatkan kunjungan internasional yang lebih besar ke Makau.



Acara pembukaan “SJM Asia Top Sommelier Summit 2023” tanggal 18 Oktober 2023 di Grand Lisboa Macau, dihadiri 300 profesional industri wine, asosiasi lokal dan mahasiswa dari Court of Master Sommeliers Accreditation serta beberapa media dari negara-negara Asia. Acara ini dihadiri juga oleh Tamu Kehormatan Mr. Glen Chong, Kepala Departemen Perizinan dan Inspeksi Kantor Pariwisata Pemerintah Macao; Ms. Gloria Chak, Manajer Divisi Pengembangan Industri Konvensi & Pameran Institut Promosi Perdagangan dan Investasi Makau; Dr. Christy Ng, School of Hospitality Management - Koordinator Program Manajemen Seni Kuliner Macao Institute for Tourism Studies, Mr Brian Julyan, The Court of Master Sommeliers Worldwide President, Mr. Rob Hirst, Pendiri Wine List Awards, Mr. Benjamin Toh, Chief Operating Officer Keuangan dan Operating Officer Keuangan dan Pengembangan SJM, dan Mr. Tommy Lam, Pendiri dan Ketua Asia Wine Institute.



Benjamin Toh, Chief Operating Officer of Finance and Development SJM, mengatakan, "SJM telah mendapatkan reputasi yang luar biasa di dunia wine, dengan koleksi paling luas dan beragam di Asia. Selain itu, portofolio restoran kami berfungsi sebagai bukti komitmen teguh kami untuk memberikan wine dan layanan yang tak tertandingi yang secara konsisten membuat kami mendapatkan penghargaan industri teratas. Membangun di atas fondasi yang kuat ini, bertujuan tidak hanya untuk menetapkan standar yang tinggi untuk diri kami sendiri tetapi juga untuk menginspirasi dan menumbuhkan bakat yang muncul. Kami juga berusaha untuk menetapkan tolok ukur keunggulan seluruh industri wine Tiongkok, termasuk pairing wine dengan beragam makanan. Menyelenggarakan bersama KTT ini dengan Asia Wine Institute sangat selaras dengan visi ini. Bersama-sama, kami berencana untuk memanfaatkan sinergi 'keahlian memasak + pariwisata' untuk menarik lebih banyak pengunjung internasional yang ingin merasakan kekayaan kuliner Kota Kreatif Gastronomi UNESCO kami."


Dalam pidatonya pada upacara pembukaan, Mr. Tommy Lam, Pendiri dan Ketua Asia Wine Institute mengatakan, "Kami memiliki lebih dari 200 Sommelier termasuk [SOMM100] Sommelier Lulusan dari berbagai belahan Tiongkok berkumpul di Makau untuk program yang sangat padat ini selama 3 hari. Kota ini belum pernah dipenuhi dengan begitu banyak Champion Sommelier – 9 dari Asia, 14 dari Daratan Cina dan banyak lagi, menjadikannya hampir 30 Champion di bawah satu atap. KTT ini dimulai dengan Program Court of Master Sommelier selama 3 hari dengan 62 kandidat terdaftar, jumlah yang sangat tinggi di Asia, memimpin program terbesar yang pernah ada di Macau ini."



Brian Julyan MS, Presiden Court of Master Sommeliers Worldwide menyampaikan pidatonya tentang masa depan industri wine. Mr. Julyan sebagai pendiri CMS yang merupakan badan pendidikan untuk pengetahuan dasar bagi sommelier dan menawarkan ujian untuk mencapai status Master Sommelier. Menindaklanjuti pidatonya, panel terkemuka yang terdiri dari 30 pemilik kilang anggur terkemuka Tiongkok dan sepuluh presiden dari asosiasi sommelier di seluruh dunia termasuk Kamboja, Hong Kong, Indonesia, Korea, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, wilayah Taiwan, dan Thailand mengadakan "Dialog Pasar Wine Asia" untuk membahas tren industri wine dan masa depannya.


Tiga hari yang luar biasa ini menampilkan sejumlah acara pendidikan, networking, dan penghargaan penting termasuk Asia Wines & Spirits Awards (AWSA) – Sommeliers; AWSA – Karnaval Wine Tiongkok Pemenang Penghargaan; Kompetisi Sommelier China ke-15 dan Upacara Penghargaan Daftar wine China Tahun 2023. Acara ini berfungsi sebagai platform yang bermanfaat bagi semua peserta untuk mendapatkan wawasan tentang tren industri wine Asia saat ini dan masa depan, serta membantu membangun dan memperkuat koneksi industri wine dan pebisnis dibidang F&B.



Court of Master Sommeliers Accreditation menyediakan sommelier profesional di Macau dengan pelatihan dan akreditasi untuk memajukan pengetahuan mereka tentang wine, juga meningkatkan keterampilan mereka dalam manajemen pelayanan dalam industri minuman.

Comentários


bottom of page