• Maria Yuliana Kusrini

Ayam Bacem & Ayam Goreng Pio yang Begitu Sedap di Lidah

Selain membuat kenyang, makan juga bisa menjadikan seseorang merasa lebih bahagia. Apalagi jika makanan itu punya citarasa yang begitu lezat. Nah, bagi pecinta olahan ayam, wajib sekali untuk mencicipi hidangan yang ditawarkan oleh Ayam Bebek Pio. Apalagi, merek satu ini baru saja mendapatkan penghargaan sebagai Kuliner Online Favorit Dari Kota Solo pada e-Kuliner Awards 2021 persembahan Paxel.



Sejak pandemi yang melanda Indonesia, Ayam Bebek Pio ini pun menghadirkan olahan ayam yang dikonsep frozen atau beku. Setidaknya ada dua olahan ayam yang wajib untuk dicicipi dan dipesan, yakni Ayam Bacem dan Ayam Goreng. Keduanya berupa olahan ayam utuh yang sudah dimasak atau diungkep dengan aneka bumbu rempah kemudian divakum dalam plastik. Untuk bisa menyantapnya sangatlah praktis dan mudah, hanya tinggal menggorengnya dalam minyak panas saja.

Tak hanya praktis untuk dijadikan lauk pilihan di rumah, olahan ayam Pio ini juga punya citarasa juara. Untuk yang lebih menyukai olahan ayam bercitarasa manis, bisa menjadikan Ayam Bacem sebagai pilihan. Ayam ini memang diolah atau diproses dengan cara dibacem atau direbus dalam air bersama bumbu, gula merah, dan kecap manis hingga airnya habis. Selama proses perebusan itu, panci atau wadah yang digunakan juga harus ditutup agar bumbunya bisa meresap dalam daging secara sempurna. Ayam Bacem ala Pio ini memiliki citarasa manis dan gurih yang begitu merasuk sampai bagian dalam dagingnya. Tekstur dagingnya juga empuk. Ayam Bacem istimewa ini ditemani dengan sambal bercitarasa pedas.



Ayam Goreng Pio juga tak kalah nikmat dan cocok untuk dijadikan lauk pendamping makan nasi. Ayam Goreng ini sudah diungkep dalam bumbu rempah dan hanya tinggal menggorengnya saja. Ayam ini memiliki tampilan berwarna kekuningan, itu karena penggunakan kunyit sebagai salah satu bumbu ungkepnya. Setelah digoreng, ayam ini punya tekstur yang garing. Sedangkan untuk bagian dalamnya tetap terasa begitu lembut dan empuk. Ayam gurih memikat ini pun makin terasa sempurna saat dicocol ke dalam sambalnya. Dijamin makan akan semakin berselera.


Citarasa lezat dari Ayam Bacem dan Ayam Goreng dari Ayam Bebek Pio ini memang tak perlu diragukan lagi. Tak heran jika produk frozennya berhasil dikirim hingga ke Singapura dan Amerika. Untuk penjualan produknya saja mampu menembus hingga 2.000 – 3.000 ekor ayam dan bebek per harinya. Sungguh luar biasa!